Evakuasi Sarang Tawon Vespa Malam Hari, Ini Alasan Damkar Sukabumi

Evakuasi Sarang Tawon Vespa Malam Hari, Ini Alasan Damkar Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 03 Des 2019 03:00 WIB
Petugas Damkar Kabupaten Sukabumi mengevakuasi sarang tawon vespa di Desa Tenjoayu. (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Petugas Damkar Kabupaten Sukabumi mengevakuasi sarang tawon vespa di Desa Tenjoayu. (Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Petugas pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Sukabumi mengevakuasi sarang tawon vespa yang bersarang di atap rumah warga di Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug. Evakuasi berlangsung hampir selama satu jam karena ukuran sarang tawon yang mencapai dua kali bola basket.

Berbekal cairan solar, lap, dan racun serangga, sejumlah petugas damkar bergantian naik ke atap rumah warga yang berada di Kampung Lemburkolot itu. Petugas secara perlahan mencopot sarang tawon vespa tersebut.

"Evakuasi sengaja dilakukan malam hari karena tawon jenis vespa tersebut lebih agresif ketika banyak cahaya terutama pada siang hari. Tadi juga kita minta warga buat memadamkan aliran listrik," kata Ace Fatah, Ketua Tim Rescue Damkar Sukabumi, kepada awak media, Senin (2/12/2019).



Tawon yang dievakuasi memiliki bentuk lazim tawon pada umumnya. Ciri tawon vespa terlihat dari cincin kuning yang melingkar di bagian tengah tubuhnya..

Menurut Ace, ia menerima laporan soal sarang tawon itu pada 28 November lalu. Namun, karena laporan terkait keberadaan tawon vespa tersebut bersamaan dengan peristiwa warga terjatuh ke sumur, waktu evakuasi tawon vespa harus diundur hingga hari ini.

"Pas tanggal masuk laporan berbenturan dengan proses evakuasi korban masuk sumur, makanya baru kita laksanakan hari ini," jelasnya.

Ciri tawon vespa terlihat dari cincin kuning yang melingkar di bagian tengah tubuhnya.Tawon vespa (Syahdan Alamsyah/detikcom)


Selanjutnya
Halaman
1 2