Ma'ruf ke Dai Bersertifikat MUI: Pancasila-NKRI Given, Jangan Didebat Lagi

Ma'ruf ke Dai Bersertifikat MUI: Pancasila-NKRI Given, Jangan Didebat Lagi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 02 Des 2019 22:14 WIB
Wapres Maruf Amin mengingatkan para dai bersertifikat MUI soal toleransi dan Pancasila sebagai dasar negara. (M Fida/detikcom)
Wapres Ma'ruf Amin mengingatkan para dai bersertifikat MUI soal toleransi dan Pancasila sebagai dasar negara. (M Fida/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan pentingnya sertifikasi dai seperti yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kepada para dai yang mendapat sertifikat, Ma'ruf mengingatkan tentang toleransi dan pentingnya menyampaikan Pancasila sebagai dasar negara.

"Kenapa (dai) perlu distandarkan? Karena untuk dai ini diperlukan paling tidak dua hal. Pertama, kompetensi; kedua, integritas," kata Ma'ruf Amin membuka rapat koordinasi Dewan Dakwah MUI di Hotel Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Ma'ruf menuturkan cara dakwah yang disampaikan harus dengan lemah lembut. Dia juga mengingatkan pentingnya toleransi kepada sesama.


"Cara dakwah itu mengajak orang dengan sukarela. Tidak ada paksaan. Tidak ada paksaan dalam agama. Dengan sukarela mengajaknya itu," tutur Ma'ruf.

Ma'ruf mengatakan perbedaan selalu ada dalam semua sisi kehidupan. Namun, hal tersebut tidak menjadi alasan bagi seseorang untuk berbuat intoleran.

"Kita mengajarkan juga hidup dalam suasana toleran. Makanya jangan sampai intoleran. Baik di dalam kita sesama muslim, sesama islamiyah sepanjang itu kita di dalam wilayah perbedaan itu namanya kita harus toleran, yang dalam MUI sebut taswiyatul manhaj, penyamaan persepsi untuk menerima perbedaan yang ada," jelasnya.


Ma'ruf juga mengingatkan mengenai kesepakatan Indonesia terkait Pancasila. Dia meminta kesepakatan tersebut dapat disampaikan kepada masyarakat dan tidak diperdebatkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2