Tahap Pengembalian Formulir Caketum Golkar Resmi Ditutup

Tahap Pengembalian Formulir Caketum Golkar Resmi Ditutup

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 02 Des 2019 21:02 WIB
Foto: Rolando/detikcom
Foto: Rolando/detikcom
Jakarta - Panitia Munas Partai Golkar resmi menutup tahapan pengembalian formulir bakal calon (balon) ketua umum (ketum) Partai Golkar. Sekretaris Komite Pemilihan Munas Golkar, Syahmud Basri Ngabalin, mengatakan kader yang mengambil formulir telah melakukan proses pengembalian.

"Dengan berakhirnya Pak Aris Mandji itu, karena yang mengambil formulir itu ada 9 orang, dan sembilan orang, ya Pak Aris Mandji orang ke-9, maka kita pastikan tidak ada lagi yang mendaftar," kata Syahmud, di DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Nelly Murni, Slipi Jakarta Barat, Senin (2/12/2019).



Syahmud memastikan tidak ada lagi yang akan mengembalikan formulir. Jika pun ada yang mengembalikan formulir, akan ditolak.

"Kalau ada lagi yang mendaftar mungkin akan kita tolak," ujarnya.

Syahmud mengatakan tahap selanjutnya adalah verifikasi para pendaftar bakal calon ketua umum Golkar. Setelah itu, Komite Pemilihan akan memvalidasi para pendaftar.

"Tahapan selanjutnya kita verifikasi persyaratan yang sudah mereka serahkan, dikasih kembali ke Komite Pemilihan. Setelah itu kita validasi, mungkin setelah itu steering committee mengumumkan siapa yang bisa dianggap untuk maju ke tahap berikut," imbuhnya.



Sebelumnya, sejumlah kader Partai Golkar telah mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon ketua umum Partai Golkar. Para kader tersebut antara lain petahana Ketua Umum Golkar Airlangga Hartato, Wakorbid Pratama Bambang Soesatyo (Bamsoet), serta politikus senior Golkar Agun Gunandjar dan Indra Bambang Sutoyo. (rfs/idn)