Ketua MPR Inisiasi Forum Aspirasi Papua-Papua Barat

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 02 Des 2019 16:30 WIB
Foto: Ketua MPR Inisiasi Forum Aspirasi Papua-Papua Barat (Marlinda-detikcom)
Foto: Ketua MPR Inisiasi Forum Aspirasi Papua-Papua Barat (Marlinda-detikcom)
Jakarta - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menginisiasi pembentukan Forum Aspirasi dan Komunikasi Masyarakat Papua dan Papua Barat (For Papua) dalam wadah MPR RI sebagai Rumah Kebangsaan. Forum tersebut nantinya akan mengkoordinasikan berbagai kepentingan stakeholder dalam upaya mewadahi dan menangani persoalan Papua dan Papua Barat.

"Sebagai perwakilan masyarakat Papua dan Papua Barat, anggota DPD dan DPR RI memiliki ikatan emosional maupun kultural terhadap masyarakat Papua dan Papua Barat. Sehingga bisa berperan lebih banyak dalam mewujudkan keadilan sosial dan kesejahteraan masyarakat Papua dan Papua Barat," ujar Bamsoet kepada wartawan, Senin (2/12/2019).



Bamsoet mengatakan persoalan Papua dan Papua Barat bukanlah persoalan baru, namun sudah berjalan begitu lama. Menurut dia, agar kedamaian di tanah Papua dan Papua Barat bisa segera terwujud dan tak kembali larut dalam konflik, penyelesaiannya bukan hanya melalui security approach saja, melainkan juga harus melalui pendekatan emosional dan kultural.

"Disitulah peran penting anggota DPR dan DPD RI diperlukan. Di DPR RI terdapat 10 anggota DPR RI Dapil Papua dan 3 anggota DPR RI Dapil Papua Barat. Sedangkan di DPD RI, ada 4 anggota DPD Dapil Papua dan 4 anggota DPD Dapil Papua Barat. Dengan demikian FOR PAPUA diisi 21 wakil rakyat yang dipilih secara langsung oleh rakyat," tuturnya.


Ketua MPR Inisiasi Forum Aspirasi Papua-Papua BaratFoto: Ketua MPR Inisiasi Forum Aspirasi Papua-Papua Barat (Marlinda-detikcom)



Tonton juga Akan Terbang ke Papua, Mahfud Md Bakal Gelar Dialog dengan Warga :


Selanjutnya
Halaman
1 2