Jokowi Masih Rahasiakan Sosok Jabat Dewan Pengawas KPK

Jokowi Masih Rahasiakan Sosok Jabat Dewan Pengawas KPK

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 02 Des 2019 13:45 WIB
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Memasuki Desember 2019, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersiap membidani kelahiran Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Organ baru dalam lembaga antikorupsi itu merupakan amanah aturan baru KPK, yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019.

Namun Jokowi masih belum membeberkan siapa saja sosok yang pantas untuk berada pada jabatan itu. Proses penyaringan disebut Jokowi masih berlangsung.

"Nanti dilihat figur-figurnya. Ini masih penyaringan internal di Setneg. Jadi belum pada proses finalisasi," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/12/2019).

Jokowi mengaku mendapatkan banyak masukan mengenai Dewas KPK. Tokoh yang akan menempati organ baru KPK itu disebut Jokowi harus memiliki rekam jejak yang baik.

"Kita ingin memilih yang tentu saja track record baik, integritas baik, yang memiliki pengalaman di bidang hukum, bidang pidana, juga berkaitan dengan audit pemeriksaan, misalnya untuk sebuah pengelolaan keuangan, kemudian... itu masih proses berjalan," sebut Jokowi.

Dalam UU Nomor 19 Tahun 2019, Dewas KPK akan berisi 5 orang dengan 1 orang sebagai ketua dan 4 orang anggota. Jokowi sempat menyampaikan bila Dewas KPK akan dilantik bersama-sama dengan 5 pimpinan KPK baru, yaitu Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Lili Pintauli Siregar, dan Nawawi Pomolango, pada sekitar 20 Desember 2019.

Simak Video "Jokowi Pastikan Dewan Pengawas KPK Punya Kapabilitas dan Integritas"

[Gambas:Video 20detik]

(dhn/tor)