IMB Sempat Bermasalah, Segel Bank yang Viral karena Trotoar Dilepas

Rizal Bahari - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 18:31 WIB
Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta


detikcom melihat beberapa nasabah yang ingin mengambil uang lewat ATM hanya bisa memarkirkan kendaraannya di trotoar. Pemprov DKI Jakarta sendiri memastikan revitalisasi trotoar di Kemang sesuai dengan aturan.

"Kami sudah komunikasikan dengan pihak CIMB Niaga. Fakta yang terjadi sebenarnya tidak seperti yang di video. Standar ketinggian trotoar adalah +/- 15 cm dari jalan eksisting untuk keamanan pejalan kaki. Namun, memang letak akses masuk gedung berada di bawah jalan dan gedung meninggi serta ada bangunan tambahan yang mengakibatkan penyempitan area parkir mereka," ujar Pejabat Pemegang Komitmen Pembangunan Infrastruktur Kegiatan Strategis Daerah Dinas Bina Marga DKI Jakarta Riri Asnita, dalam keterangan tertulis Pemprov DKI.

IMB Sempat Bermasalah, Segel Bank yang Viral karena Trotoar DilepasFoto: Nasabah memarkiran kendaraanya di Trotoar Kemang karena tak bisa masuk ke halaman (Rizal/detikcom)

Riri mengatakan, Pemprov DKI sempat menyegel gedung Bank pada Kamis (14/11), akibat ketidaksesuaian IMB atas bangunan yang didirikannya. Namun, pada Rabu (20/11), pemilik lahan dan gedung CIMB Niaga melakukan pertemuan langsung dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan kerja sama.

Salah satu hasil kerja sama tersebut yakni pemilik lahan harus menyesuaikan inrit (jalan akses masuk) dan lahan parkir dengan revitalisasi trotoar yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

"Kewajiban CIMB Niaga untuk membuat penyesuaian level (ketinggian) akses masuk ke gedung mereka dengan trotoar yang telah terbangun dan melakukan penyesuaian di lahan area parkir (yang mereka miliki). Pihak CIMB Niaga sudah mengetahui (kewajiban tersebut) karena secara IMB, mereka menyalahi aturan, karenanya disegel saat itu," ujar Riri.
Halaman

(fdu/dnu)