Soal Usul Jabatan Presiden 8 Tahun, NasDem Singgung Lagi Wacana 3 Periode

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 01 Des 2019 10:39 WIB
Logo NasDem (Dok. Redaksi)
Logo NasDem (Dok. Redaksi)
Jakarta - Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad M Ali menanggapi masa jabatan presiden 1 periode selama 8 tahun. Ali mengatakan keputusan mengenai jabatan presiden bergantung pada mayoritas fraksi di MPR.

"Apakah itu kalau kemudian masyarakat dan fraksi-fraksi di MPR mengatakan 1 periode 8 tahun, ya itulah yang ideal, tapi kalau mayoritas fraksi di MPR setelah mendengarkan aspirasi masyarakat 'Ini kita harus kita ubah ke-3 periode karena dipandang belum cukup dengan segala argumentasinya'. Dan itu mayoritas, ya itu yang ideal," ujar Ahmad ketika dihubungi detikcom, Minggu (1/12/2019).


Ahmad menilai penting melibatkan masyarakat untuk terlibat dalam mengevaluasi masa jabatan presiden.

"Ada orang yang mengklaim bahwa 8 tahun itu periode paling ideal, (ada yang mengklaim) 2 periode kali 5 itu yang ideal, itu kita tidak bisa men-judge itu karena semua aturan bernegara itu kan diatur untuk kepentingan masyarakat. Pada titik itu, kita juga tidak bisa kemudian alergi untuk mendiskusikan kemungkinan-kemungkinan," kata Ahmad.

"Ideal itu harus berdasarkan dari masyarakat, masyarakat yang kemudian diatur yang merasakan manfaat dari pengaturan-pengaturan itu," jelas Ahmad.

Selanjutnya
Halaman
1 2