Menag Cerita Marahi Pegawai BUMN yang Tak Hormati Lagu Indonesia Raya

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 13:48 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi bercerita pengalamannya menegur pegawai BUMN karena tidak menunjukkan penghormatan terhadap lagu Indonesia Raya saat upacara. Fachrul mengaku menyebut pegawai BUMN tersebut 'sakit'.

Fachrul menyampaikan itu dalam seminar yang digelar alumni mahasiswa Hindu di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Jakarta, Sabtu (30/11/2019). Acara itu dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Tadi awal-awal kita bicara soal lagu kebangsaan. Jadi saya ingat saya punya peristiwa juga seperti itu. Sebelumnya saya komisaris utama di BUMN. Acara itu dimulai dengan Indonesia Raya. Kebetulan, sebelum acara itu, saya sudah di-brief oleh corporate secretary, mengatakan, 'Pak, kita buka penerimaan pegawai baru. Kita ambil 13. Yang daftar 14 ribu orang'. Di upacara itu, pada saat lagu Indonesia Raya, ada seorang anak muda yang tidak menunjukkan hormat kepada lagu Indonesia. Dia tidak nyanyi, dia ketawa-ketawa," kata Fachrul.



Fachrul kemudian menanyakan sosok pegawai tersebut kepada salah satu direktur. Pada saat dipersilakan menyampaikan amanat, Fachrul menyinggung soal betapa sulitnya menjadi pegawai BUMN.

"Kebetulan di sebelah saya Direktur SDM. Saya tanya namanya (pegawai BUMN) siapa itu, dia sebutlah Irfan. Begitu amanat, saya saya bilang, 'Tadi saya baru saja mendapat briefing bahwa kita menerima pegawai baru sejumlah 13, yang daftar 14 ribu orang. Ternyata masuk ke BUMN ini tidak mudah'," sebut Fachrul.

Simak Video "BUMN Ungkap Alasan Angkat eks Kabaharkam jadi Komisaris Pertamina"

Selanjutnya
Halaman
1 2