Kapolda Metro Dukung Anies Kampanyekan Sepeda: Kurangi Polusi-Pelanggaran

M Rizki Pratama - detikNews
Sabtu, 30 Nov 2019 13:44 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Pramono (Rizki/detikcom)

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta sedang menggalakkan penggunaan sepeda di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sepeda bukan semata alat olahraga, tapi juga untuk transportasi.

"Saya secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Bapak-bapak di TNI-Polri yang sudah ikut mendukung program sepeda di Jakarta. Kita menyadari transportasi adalah satu tantangan di Jakarta," kata Anies dalam sambutannya.


Anies menceritakan pernah menemukan tulisan menarik pada kaus pesepeda. Tulisan itu seperti menegaskan pengendara sebenarnya tidak terjebak kemacetan.

"Saya pernah suatu seketika bersepeda bersama-sama dengan beberapa teman, lalu ada satu orang pesepeda menggunakan kaus. Kaus itu di belakang ada tulisan besar. Kalimatnya begini, 'Anda terjebak macet? Bukan, anda bikin macet'. Jadi dia ngirim pesan bukan terjebak macet, sesungguhnya kita sama-sama buat macet," ujarnya.

Karena itu, lanjut Anies, jika ingin mengurangi kemacetan, harus lebih banyak menggunakan kendaraan umum dan sepeda. "Karena itulah Jakarta mengampanyekan sepeda," ujarnya.

Sementara itu, Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono juga mengajak untuk mendukung kampanye penggunaan sepeda di DKI itu. Jika berhasil, maka daerah lain juga akan mencontoh penggunaan sepeda tersebut.

"Pesan yang sama saya ingin sampaikan kepada kita, tadi sudah disinggung oleh Pak Kapolda, mari dukung program bapak Gubernur Provinsi DKI terkait dengan mengampanyekan menggunakan sepeda untuk bekerja. Jalur sepeda sebagian sudah mulai selesai. Mari kita semua sebagai warga DKI ini mari kita sukseskan kalau berhasil program ini jadi contoh yang baik untuk daerah-daerah lain nya," kata Eko dalam sambutannya.
Halaman

(idh/hri)