detikNews
Jumat 29 November 2019, 06:35 WIB

Mahasiswa Salahkan Jadwal, MK: Argumentasi Gugatan UU KPK Tak Yakinkan Hakim

Ibnu Hariyanto - detikNews
Mahasiswa Salahkan Jadwal, MK: Argumentasi Gugatan UU KPK Tak Yakinkan Hakim Mahkamah Konstitusi (Foto: Ari Saputra)
Jakarta - Mahasiswa menyalahkan jadwal sidang di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dimajukan sebagai penyebab gugatan uji materi UU KPK ditolak. MK mengatakan penyebab gugatan tersebut tak diterima karena agumentasi pemohon tidak menyakinkan hakim.

"Permohonan ditolak itu ya karena argumentasi dalam permohonan tidak dapat meyakinkan hakim, bukan semata karena jadwal sidang," kata Jubir MK Fajar Laksono saat dihubungi, Kamis (28/11/2019).



Ia menjelaskan proses persidangan tersebut sudah sesuai prosedur. Selain itu, menurutnya, adanya perubahan jadwal sidang juga sudah ada pemberitahuan ke pemohon.

"Semua sudah sesuai prosedurlah. Soal jadwal dimajukan tentu sudah diberitahukan juga kepada pemohon. Nggak ada masalah," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, MK tidak menerima permintaan uji materi UU KPK yang diajukan mahasiswa UI, Zico Leonard Djagardo Simanjuntak dkk karena salah menuliskan nomor undang-undang. Pemohon memberi pembelaan dan menyalahkan jadwal sidang yang dimajukan.



"Di putusannnya Undang-undang Nomor 16 yang mana kami salah tulis? Itu yang pertama. MK yang majukan (jadwal sidang) tapi kemudian MK yang bilang kami salah menuliskan. Ya bagaimana kami bisa menulis Nomor yang benar sementara nomornya memang belum ada penomoran?" kata Zico di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/11).

"Sidang (perdana) itu tanggal 23, itu sidang perbaikan. Tapi dimajukan oleh MK ke tanggal 14. Sedangkan Undang-undang dinomori tanggal 17. Itu jadi pertanyaan besar kami," imbuhnya.
(ibh/idn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com