Asosiasi Media Siber Temui Mahfud Bahas Cara Klarifikasi Hoax

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 16:59 WIB
Ketua AMSI Wanseslaus Manggut (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Ketua AMSI Wanseslaus Manggut (Ahmad Bil Wahid/detikcom)
Jakarta - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menemui Menko Polhukam Mahfud Md. Mereka membahas bagaimana cara mengklarifikasi kabar bohong atau hoax yang beredar di dunia maya.

"Poinnya adalah menyebarnya hoax yang sudah lama beredar dan kemudian kita bersama lalu diasosiasikan di AMSI," kata Ketua AMSI Wanseslaus Manggut di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).


Wanseslaus mengatakan saat ini sudah ada cara untuk memastikan sebuah kabar merupakan hoax atau bukan, yakni lewat Cek Fakta. Cek Fakta, katanya, sudah digunakan oleh media-media arus utama di Indonesia dan terus dikembangkan.

"Sistem ini sedang kita bangun dan sebetulnya tadi diskusi dengan Pak Mahfud. Dia menyambut baik gagasan dan apa yang kita kerjakan," ujarnya.


Dia mengatakan ada dua keluhan yang disampaikan terkait proses klarifikasi hoax lewat Cek Fakta. Salah satunya proses yang butuh waktu lama.

"Di proses klarifikasi, ini hoax atau nggak, mestinya proses itu lebih mudah kalau ada kerja sama pemerintah, kepolisian, pemerintah daerah," ucap dia.

"Kedua teman-teman di platform, hoax ini juga beredar di medsos, di WA group, yang kita butuhkan adalah kerja sama dengan mereka dalam soal hasilnya," imbuhnya.


Simak Video "Soal Masalah Papua, Mahfud Md Akan Selesaikan dengan Jalan Damai"

[Gambas:Video 20detik]

(abw/haf)