Viral Ningsih Tinampi Salahkan Korban Perkosaan, Komnas Perempuan: Kemunduran

Indah Mutiara Kami - detikNews
Rabu, 27 Nov 2019 13:15 WIB
Ningsih Tinampi (Foto: Muhajir Arifin)
Ningsih Tinampi (Foto: Muhajir Arifin)
Jakarta - Video seorang perempuan yang meminta pelaku pemerkosaan tidak disalahkan dan justru menyalahkan korban pemerkosaan viral di media sosial. Pandangan demikian dinilai sebagai suatu kemunduran.

Perempuan di video viral itu adalah pengobat alternatif asal Pasuruan bernama Ningsih Tinampi atau Bu Ning. Dalam potongan video itu, Ningsih tampak bicara kepada seorang perempuan berbaju kuning yang merupakan 'pasiennya'. Praktik pengobatan ini disaksikan banyak orang di ruangan.


Berikut ini pernyataan Bu Ning di potongan video yang viral:

Orang diperkosa itu jangan menyalahkan orang yang merkosa. Bapak-ibu punya anak-anak perempuan, orang yang merkosa, jangan menyalahkan orang yang merkosa.

Karena apa? Orang yang memperkosa itu nafsunya datangnya dari orang yang diperkosa. Jadi semua itu salahe wong'e (salah orangnya), salahe wedhok'e (salah perempuannya).

Dia pakai baju yang minim minim dan dia selalu genit-genit di depan orang jadi itu yang membuat munculnya pemerkosaan. Jadi pemerkosaan bukan berarti orang yang merkosa sing salah (yang salah). Tidak. Nek bagi aku, sing tak salahno sing diperkosa. dipamer-pamerno yo ora? (yang saya salahkan yang diperkosa, dipamer-pamerin).



Potongan video itu viral di Twitter dan banyak yang mempertanyakan pandangan Bu Ning tersebut. Apalagi, perkataan Bu Ning disampaikan di depan orang banyak dan direkam.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3