Istana Respons Fadli Zon: HRS Tak Pernah Komunikasi ke Kedutaan RI

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 26 Nov 2019 16:21 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Andhika Prasetya/detikcom)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Istana merespons pernyataan Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon yang menuding pemerintah gagal melindungi warga negaranya dalam kasus Habib Rizieq Syihab (HRS). Istana menyebut justru HRS-lah yang tak pernah berkomunikasi dengan kedutaan selama tinggal di Arab Saudi.

"Bukan lepas tangan, saya sudah cek. Selama ini Pak Rizieq itu tidak pernah berkomunikasi ke kedutaan, sudah cek. Tadi Pak Mahfud mengatakan seperti itu, nggak pernah koordinasi ke kedutaan," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (26/11/2019).



Moeldoko mengatakan HRS hanya bicara terkait kasusnya melalui media sosial. Padahal, menurut Moeldoko, seorang WNI seharusnya berkomunikasi dengan kedutaan jika mempunyai masalah.

"Hanya di media sosial, sehingga tidak terjadi komunikasi yang baik, mungkin. Tapi bagi teman-teman kita di luar negeri berkomunikasi ketika ada masalah dengan kedutaan, pasti kedutaan akan mengatasinya dengan baik," ujar dia.

Karena itu, Moeldoko menyarankan HRS segera membuka komunikasi dengan pihak kedutaan.



"Saya pikir begitu, saya pikir lebih bagus lagi membuka komunikasi dengan kedutaan, kan sudah menjadi tanggung jawab kedutaan menerima berbagai persoalan yang dihadapi oleh warganya di luar negeri, karena itu bagian dari tugas," ujar dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2