Buka Munas APPSI, Ma'ruf Minta Gubernur Sukseskan Visi-Misi Jokowi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 21:41 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka Munas APPSI di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. (Fida/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka musyawarah nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Ma'ruf meminta jajaran gubernur bekerja serius untuk mensukseskan visi-misi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ma'ruf menyebut ada lima prioritas program kerja pemerintahan selama tahun ke depan. Program kerja tersebut adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM), pemangkasan kendala regulasi, transformasi ekonomi, pembangunan infrastruktur, dan penyederhanaan birokrasi.

"Saya sekali lagi meminta agar para Gubernur selaku kepala daerah dapat menjalankan 5 prioritas tersebut dan memastikan agar dipahami dan didukung seluruh jajaran pemda dan masyarakat di wilayah masing-masing," kata Ma'ruf di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).
Ma'ruf menyampaikan persentase kemiskinan yang menurun pada kepemimpinan Jokowi lalu. Meski demikian, jumlah warga yang tergolong miskin masih banyak yaitu mencapai 25 juta jiwa.

"Lima tahun terakhir tingkat kemiskinan menurun hingga 9,41 persen pada Maret 2019. Ini capaian membanggakan karena pertama kali tingkat kemiskinan Indonesia sampai satu digit. Tapi harus jadi perhatian utama kita karena meski menurun, jumlahnya masih sangat besar pada kisaran 25 juta orang," paparnya.

Selain itu, Ma'ruf mengingatkan jajaran gubernur agar menaruh perhatian terhadap angka stunting yang masih tinggi. Dia menargetkan angka stunting turun hingga 20 persen pada 2024.

"Angka preferensi stunting masih tinggi karena 1 dari 3 balita mengalami stunting," tuturnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2