Mahfud-Pansus DPD Akan Cari Cara Selesaikan Masalah Papua dengan Damai

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 20:20 WIB
Menko Polhukam Mahfud Md (Antara Foto)
Menko Polhukam Mahfud Md (Antara Foto)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md akan berkoordinasi dengan Panitia Khusus (Pansus) Papua dari DPD RI dalam menyelesaikan permasalahan di tanah Papua. Mahfud mengungkapkan penyelesaian masalah Papua harus secara damai tanpa kekerasan.

"Kalau dengan Pansus Papua DPD kita akan koordinasi mencari cara penyelesaian komprehensif sehingga tidak terkesan penyelesaiannya hanya satu jalan, komprehensif itu melalui bidang budaya, dialog terbuka, kemudian penyelesaian secara damailah bukan dengan cara kekerasan dan sebagainya," kata Mahfud di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).

"Termasuk dari sana tidak boleh melakukan kekerasan, kita pun tidak boleh melakukan kekerasan, dan juga tidak melakukan kekerasan, tapi harus ditegaskan," sambungnya.


Menurut Mahfud, konsep penanganan masalah Papua yang ditawarkan Pansus DPD RI cukup bagus dan berjangka panjang. Dia mengajak penyelesaian masalah di Papua ditempuh dengan cara baik dan melindungi HAM.

"Mereka (Pansus DPD) juga masih presentasi lebih banyak karena tadi hanya satu jam, ada beberapa konsep yang diperlukan untuk jangka panjang dan saya kira bagus prospeknya untuk penyelesaian mari kita tempuh jalan yang baik, semua jalur yang tersedia, melindungi HAM, dan melindungi hak-hak negara," ucap Mahfud.
Selanjutnya
Halaman
1 2