detikNews
2019/11/25 19:43:02 WIB

Cerita Mega Minta Jokowi Buat Damkar Seperti London Fire Brigade

Zunita Putri - detikNews
Halaman 1 dari 1
Cerita Mega Minta Jokowi Buat Damkar Seperti London Fire Brigade Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri (Antara Foto/Galih Pradipta)
Jakarta - Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan pernah meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat pemadam kebakaran terbesar semacam London Fire Brigade. Namun, menurut Mega, usulan itu tidak digubris oleh Jokowi.

"Dulu saya berniat membuat pemadam kebakaran satu brigade. Saya bilang sama Pak Jokowi, terus kembalikan Pak Jokowi mesam-mesem. (Mega bilang) 'Pak kalau saya ngomong itu mbok ya situ ya semangat juga opo toh yo, loh kok cuma mesam-mesem wae, sorry hmmm...'," cerita Mega saat acara pemberian penghargaan selaku Tokoh Pelopor Penguatan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika di Auditorium BMKG, Jalan Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (25/11/2019).


Menurut Mega, dia juga sudah pernah memarahi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Syaiful Hidayat agar segera membuat Damkar Brigade itu. Sebab, Jakarta adalah Ibu Kota.

"Saya waktu masih Pak Jarot dan Pak Ahok udah nesu-nesu aja. Gimana sih ini katanya Jakarta adalah ibu kota metropolitan. Nah, kalo bahaya kayak gini udah dipikirin atau belum?" Kata Mega.

"Kalau Jakarta terkena gempa di daerah Thamrin, daerah Sudirman yang itu ini semuanya high risk building. Ini nggak takut? ini kemungkinan lah itu kan saya nggak tahu," tambahnya.

Dia meminta pemerintah pusat ataupun daerah peduli dengan antisipasi bencana alam. Dia menyebut Indonesia harus waspada dengan bencana Megathrus atau gempa besar.


Mega juga mengimbau pemerintah agar membuat semacam titik-titik atau patokan aman bencana yang diketahui masyarakat agar bisa antisipasi dan waspada akan bencana alam.

"Itu supaya dikasih patok-patok gitu loh pak nanti saya bilang sama katakan Jawa Tengah, mungkin daerah yang biasanya yang di pesisir ini urusan patok-patok karena di Jepang untuk pertolongan itu dengan cepat," katanya.
(zap/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com