Warga Diimbau Tak Risau, Ikan di Pasar Medan Aman Dikonsumsi

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
Senin, 25 Nov 2019 18:09 WIB
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution menghadiri acara makan ikan bersama masyarakat dan pedagang di halaman parkir Pasar Cemara, Medan. (Foto: Istimewa)
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution menghadiri acara makan ikan bersama masyarakat dan pedagang di halaman parkir Pasar Cemara, Medan. (Foto: Istimewa)
Medan - Kasus pembuangan bangkai babi ke sungai-sungai menyebabkan masyarakat enggan mengonsumsi ikan. Gerakan makan ikan pun dibuat untuk mengembalikan minat warga Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Ajakan kembali makan ikan itu disampaikan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution saat menghadiri acara makan ikan bersama masyarakat dan pedagang di halaman parkir Pasar Cemara, Medan, Senin (25/11/2019).

"Ikan yang dijual di pasar merupakan ikan yang aman dan layak kita konsumsi. Ikan yang dijual merupakan ikan yang berasal dari tengah laut, artinya ikan tersebut aman untuk dikonsumsi," kata Akhyar.


Dia menjelaskan, ikan di pasar tidak terkena virus hog cholera seperti yang dirisaukan warga. Sebab, ikan yang ada di pasar berasal dari laut tengah.

"Ikan yang ada di pasaran aman dari hog cholera aman dari sesuatu yang menjijikkan. Telah diteliti oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, ikan tersebut tidak terkena virus dan aman dikonsumsi," kata Akhyar.


Sebelumnya, Ketua Komunitas Pedagang Ikan Juwari mengatakan para pedagang belakangan ini risau. Mereka terkena dampak sosial dari bangkai babi yang dibuang sembarangan ke sungai oleh oknum tidak
bertanggung jawab.

"Hari ini melalui acara ini kami ingin menunjukkan dan meyakinkan kepada masyarakat luas bahwa ikan yang berada di pasaran sangat layak dan aman untuk dikonsumsi. Jadi tidak alasan lagi bagi masyarakat untuk tidak mengkonsumsi ikan," katanya.


Simak Video "Kapolri Ungkap 74 Terduga Teroris Diamankan Usai Bom Medan"

[Gambas:Video 20detik]

(rul/idh)