detikNews
2019/11/24 10:30:46 WIB

Damkar: Gedung SMK Yadika 6 yang Terbakar Tak Dilengkapi Rekomendasi Kami

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Damkar: Gedung SMK Yadika 6 yang Terbakar Tak Dilengkapi Rekomendasi Kami Foto: Api kembali menyala di SMK Yadika 6 Bekasi (Rolando)
Jakarta - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi meminta bantuan Dinas Pendidikan untuk koordinasi dengan pihak sekolah perihal pengecekan standar keamanan kebakaran. Sehingga, petugas Damkar bisa datang ke sekolah untuk mengecek dan memberikan sosialisasi.

"Kepada Dinas Pendidikan imbaulah, kalau petugas datang (ke sekolah) ya jangan digembok, bukakan pintu. Ini kebanyakan pada digembok. Seperti Yadika, dua, tiga kali datang, surat tidak digubris, datang tidak digubris. Banyak (sekolah yang menolak kedatangan Damkar), saya tidak bisa sebutkan satu per satu," ucap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Aceng Sholahuddin, saat dihubungi detikcom, Sabtu (23/11/2019).

Sebelumnya kejadian kebakaran di SMK Yadika 6 Bekasi, Jatiwaringin, Pondok Gede, Damkar sudah beberapa kali mengunjungi sekolah itu untuk mengecek dan memberikan sosialisasi penanganan kebakan. Namun, Menurut Aceng, pihak sekolah tidak membuka akses pemadam kebakaran.

"Memang PR Yadika, teman saya berkali-kali ke sana ditolak, tidak masuk pagar, satpam juga ngajak ngobrol diluar pagar," ucap Aceng.

"Gedung seperti Yadika tidak alat proteksi bahaya, alat pemadam api. Kalau ada alat kan, teman-teman saya bisa lakukan pelatihan, tanganai kebakaran pertama seperti apa, evakuasi seperti apa. Itu akan diajarkan," kata Aceng.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com