Gelagar Proyek Tol Becakayu Patah Dipicu Ikatan Lepas Saat Pengangkutan

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 23 Nov 2019 10:06 WIB
Ilustrasi Proyek Tol Becakayu (Rengga Sancaya/detikcom)
Ilustrasi Proyek Tol Becakayu (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Gelagar proyek Tol Becakayu Seksi 1A yang menyambungkan ruas tol tersebut ke Tol Wiyoto Wiyono patah dan sempat menutupi jalan arteri di samping gate Pedati. Peristiwa itu disebabkan oleh ikatan pada bogie yang terlepas.

"Terjadi patah girder bentang 38,5 M di area stockyard pada saat akan diangkut menuju area pengangkatan di sekitar seksi 1A area koneksi Tol Becakayu dan Tol Wiyoto Wiyono. Kejadian tersebut disebabkan ikatan bagian belakang pada kendaraan pengangkut (bogie) terlepas," kata Direktur Teknik dan Operasi PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, Ayuda Prihantoro, dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/11/2019).


Peristiwa itu terjadi pada Jumat (22/11) pukul 22.30 WIB. Setelah kejadian, tim di lokasi langsung melakukan penanganan.

"Dalam waktu satu setengah jam area sempat disterilkan dengan penutupan jalan setelah kejadian. Saat ini kondisi arus lalu lintas di area yang ditutup sudah lancar seperti sebelumnya," ucapnya.


Dia memastikan tak ada korban akibat kejadian ini. Menurutnya, proses pengerjaan proyek selalu mengedepankan aspek kesehatan.

"Tidak ada korban jiwa maupun luka pada kejadian ini," ujarnya.

Sebelumnya, gelagar alias konstruksi baja atau beton yang membentuk bentangan jembatan patah jatuh ke jalan arteri di samping gate Pedati ruas Tol Layang Wiyoto Wiyono Cawang-Tj Priok. Kejadian itu sempat menutup ruas jalan.


Simak Video "Viral! Ada 'Air Terjun' di Tol Becakayu Bekasi"

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)