detikNews
2019/11/23 08:50:12 WIB

Ketua KPK Cerita Dibanjiri Pertanyaan soal UAS: Apalagi Ada yang Pose 2 Jari

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ketua KPK Cerita Dibanjiri Pertanyaan soal UAS: Apalagi Ada yang Pose 2 Jari Ketua KPK Agus Rahardjo (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo bercerita tentang dirinya yang dibanjiri pertanyaan usai Ustaz Abdul Somad (UAS) mengisi ceramah di KPK. Apalagi, kata Agus, beredar foto-foto jemaah yang berpose dua jari seolah Pemilu belum usai.

Agus awalnya bicara tentang KPK yang bertujuan memperkuat NKRI lewat pencegahan dan pemberantasan korupsi. Dia mengatakan dalam menjalankan tugas, KPK selalu berkontribusi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia.

"Insan KPK dalam melaksanakan tugasnya dan dalam kehidupannya sehari-hari wajib selalu berpedoman kepada Dasar Negara Pancasila, Landasan Konstitusional UUD 45, serta Lambang Negara Garuda Pancasila yang semboyannya Bhinneka Tunggal Ika," kata Agus, Jumat (22/11/2019).



Dia menjelaskan soal kehidupan beragama di KPK yang baik dan harmonis. Setiap umat beragama di KPK memiliki kesempatan untuk menjalankan ibadah bahkan menghadirkan penceramah dalam kegiatan agama dengan syarat harus mengedepankan persatuan dan toleransi.

"Kehidupan beragama di KPK berjalan baik dan harmonis. Hari Jumat, seperti hari ini, yang Islam salat Jumat di masjid Al Ikhlas Lantai III Gedung KPK, yang Nasrani juga melakukan kebaktian (dalam jemaah Oikumene) juga di lantai III Gedung KPK. Syaratnya ustaz atau pengkhotbah untuk agama apapun di KPK harus mengedepankan persatuan dan toleransi. Yang tidak boleh ditoleransi oleh insan KPK adalah tindak pidana korupsi," ucapnya.

Agus kemudian bicara terkait diundangnya UAS oleh salah satu pegawai KPK. Menurut Agus, dirinya menghormati UAS selaku ulama yang memiliki ilmu tinggi dan ceramahnya bagus.

"Sebagai umat Islam saya menghormati UAS, mengakui ilmu dan pemahaman beliau tentang Agama Islam sangat bagus dan tinggi, apalagi beliau alumi Timur Tengah (Al Azhar Mesir, dan dari al- Hadith al-Hasaniyyah Morocco). Saya dengar ceramahnya di KPK juga cukup bagus," tutur Agus.

Namun menurutnya, UAS pernah menimbulkan kontroversi yang seharusnya tak boleh dipelihara oleh insan KPK. Agus pun mengaku dirinya dibanjiri pertanyaan usai UAS mengisi tausiah di KPK.

"Dugaan pimpinan benar, selesai UAS khotbah di KPK, kami (pimpinan KPK) dibanjiri dengan pertanyaan-pertanyaan dari berbagai pihak," tutur Agus.


Simak Video "UAS Sebut Catur Haram, Menag: Tak Bisa Orang Klaim Paling Tahu!"





Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com