detikNews
2019/11/22 21:43:04 WIB

Round-Up

Pesan di Balik Pembubaran Jaksa Kawal Pembangunan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Pesan di Balik Pembubaran Jaksa Kawal Pembangunan Jaksa Agung ST Burhanuddin (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Akhir kisah jaksa pengawal pembangunan berada di tangan Jaksa Agung Sanitiar (ST) Burhanuddin. Program yang dulu digadang-gadang M Prasetyo semasa memimpin Korps Adhyaksa itu disebut banyak kebocoran.

Secara resmi, program itu bernama Tim Pengawal, Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4) serta memiliki cabang di tingkat provinsi dengan tambahan kata 'daerah' menjadi singkatan TP4D. TP4 berada di bawah kendali Kejaksaan Agung (Kejagung) langsung, sedangkan TP4D di bawah komando kejaksaan tinggi (kejati).

Singkatnya, tim itu diisi jaksa-jaksa yang mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah daerah agar tidak melangkahi aturan-aturan hukum yang berujung pidana. Namun, pada praktiknya, niat baik program itu tercederai seperti yang teranyar diusut KPK dalam operasi tangkap tangan (OTT).




Dalam OTT di Yogyakarta itu, ada dua jaksa yang dijerat KPK sebagai tersangka, yaitu Eka Safitra dan Satriawan Sulaksono. Sedangkan satu tersangka lainnya adalah Gabriella Yuan Ana selaku pihak swasta.

KPK menduga Eka Safitra dan Satriawan membantu Gariella selaku Direktur Utama PT Manira Arta Rama Mandiri untuk mengikuti lelang proyek di Dinas PUPKP Kota Yogyakarta. Atas bantuan tersebut, jaksa Eka dan Satriawan diduga mendapat jatah uang. Kasus ini masih bergulir di KPK.

Burhanuddin selaku Jaksa Agung pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggantikan Prasetyo terang-terangan menyebut banyaknya kebocoran dari program itu. Pembubaran menjadi satu opsi untuk mengatasi persoalan.

"Memang banyak ada kebocoran. Kami akan coba buat analisis," ucap Burhanuddin saat sowan ke KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2019).

Selepasnya, Burhanuddin membahas persoalan itu dengan Mahfud Md selaku Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Apa hasilnya?



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com