detikNews
Jumat 22 November 2019, 16:23 WIB

Ricuh Sengketa Lahan di Makassar, Warga Kena Panah-Motor Dibakar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Ricuh Sengketa Lahan di Makassar, Warga Kena Panah-Motor Dibakar Foto: Ilustrasi (dok detikcom)
Makassar - Sengketa lahan berupa lapangan sepakbola di Kelurahan Antang, Tamangapa, Makassar, Sulawesi Selatan, memicu kericuhan dua pihak yang bertikai. Kericuhan tersebut mengakibatkan satu unit sepeda motor dibakar serta seorang warga terkena anak panah busur.

Kanit Reskrim Polsek Manggala Iptu Syamsuddin mengatakan kejadian bermula saat ratusan warga Jalan Pannara berunjuk rasa di lokasi sengketa, Jumat (22/11/2019) selepas salat Jumat. Warga memprotes pihak yang mengklaim diri sebagai ahli waris serta mengaku sebagai pemilik lahan yang sah.

"Warga dari Pannara datang berombongan ke lapangan, di mana di lapangan itu kan sudah diduduki dari pihak yang lain (pengklaim pemilik lahan-ahli waris)," ujar Syamsuddin saat dimintai konfirmasi detikcom.

"Pada saat kita melakukan pengamanan, dari pihak warga Pannara terdesak lemparan batu, di situlah awal mula keributannya," imbuhnya.


Bentrokan tersebut, kata Syamsuddin, tidak berlangsung lama karena polisi melerai kedua belah pihak. Namun, satu sepeda motor milik pengklaim pemilik lahan dibakar warga Pannara.

"Itu yang punya (motor-dibakar), dari pihak yang mengklaim dia punya tanah," ujar dia.

Ricuh Sengketa Lahan di Makassar, Warga Kena Panah-Motor DibakarFoto: Kericuhan gegara sengketa lahan di Antang, Makassar. (Istimewa)

Sementara, polisi belum mengetahui identitas warga yang kena busur panah. "Yang kena busur (juga) ada, cuma identitasnya masih kita selidiki. Kami sedang mau cek ke rumah sakit, " katanya.

Hingga kini, polisi masih berjaga di lokasi sengketa untuk mencegah insiden kericuhan susulan.


Simak Video "Pengakuan Pemuda yang Bakar Motor karena Ditilang"

[Gambas:Video 20detik]


(idh/idh)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com