Saksi Cerita Saat 'Air Terjun' Tol Becakayu Banjiri Jalan: Mirip Niagara

Saksi Cerita Saat 'Air Terjun' Tol Becakayu Banjiri Jalan: Mirip Niagara

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 22 Nov 2019 14:56 WIB
Foto: Tol Becakayu (Isal/detikcom)
Foto: Tol Becakayu (Isal/detikcom)
Bekasi - Warga di sekitar Jalan Raya Kalimalang, Jakasampurna, Bekasi sempat heboh dengan kemunculan 'air terjun' yang tumpah dari atas Tol Becakayu. Warga menyamakannya dengan air terjun Niagara.

Air terjun dadakan itu menyedot perhatian warga sekitar. Salah satunya, Bayu Wijaya (22) yang kemudian mengabadikan momen itu lewat kamera ponselnya.

"Airnya yang terjun besar banget, kayak air terjun aja itu yang Niagara. Mirip lah, kayak air terjun pokoknya deras banget," ujar Bayu ketika ditemui di lokasi, Jumat (22/11/2019).

Bayu bercerita hujan terjadi pada Kamis (21/11) sore itu berlangsung selama sekitar 30 menit. Bayu menyebut air terjun mulai muncul sejak hujan turun.

Air terjun semakin deras hingga hujan berhenti. "Air terjunnya (terus turun hingga) 15 menit (setelah hujan berhenti) mengecil," lanjutnya.

Bayu mengatakan fenomena 'air terjun' di Tol Becakayu itu baru pertama kali terjadi. Ia spontan merekam air terjun itu dengan ponselnya.

"(Panjang air terjun) sampai ujung, 30 meter lebih lah," ujar Bayu.





Akibat 'air terjun' itu, Jalan Raya Kalimalang banjir setinggi 30 Cm. Bayu mengatakan tak ada pengendara yang terjatuh karena air terjun dadakan itu.

"Cuma ada Angkot aja mogok," ujar Bayu.

Warga lainya, Muhammad Taha (54), mengatakan hal serupa. Fenomena air terjun di Tol Becakayu itu baru pertama kali dilihatnya. Warga sekitar langsung mengabadikan momen unik itu.

"Pada foto-foto pasti lah, yang neduh pada foto pada videoin, unik," ujar Taha.

Sebelumnya viral video yang memperlihatkan sebuah 'air terjun' tumpah dari Tol Becakayu. Air terjun itu tumpah sehingga membuat Jalan Raya Kalimalang, Bekasi, banjir.

Direktur Teknik & Operasi PT Kresna Kusuma Dyandra Marga Ayuda Prihantoro menjelaskan penyebab munculnya 'air terjun' itu.

"Adapun penyebab terjadinya curahan air tersebut adanya pengerjaan pipa drainage dan parapet menuju saluran bawah yang belum selesai. Sesuai dengan schedule penyelesaiannya adalah hari ini 22 November 2019," jelas Direktur PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, Ayuda Prihantoro dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (22/11/2019).

Lokasi 'air terjun' itu sendiri ada di salah satu konstruksi ruas Tol Becakayu Seksi 2A. Di mana Tol Becakayau Seksi 2A ini masih dalam proses rekonstruksi yang ditargetkan selesai pada Mei 202 dan beroperasi pada Juni 2020.

Halaman

(isa/mea)