Pemkab Luwu Utara Paparkan Pembangunan Infrastruktur ke Gubernur Sulsel

Pemkab Luwu Utara Paparkan Pembangunan Infrastruktur ke Gubernur Sulsel

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 23:10 WIB
Foto: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Bupati Luwu Utara Putri Indah Putri Indriani. (Noval-detikcom)
Foto: Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Bupati Luwu Utara Putri Indah Putri Indriani. (Noval-detikcom)
Palopo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara siap mengelola bantuan keuangan daerah dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Ada beberapa program infrastuktur yang siap disinkronkan dengan Pemprov Sulsel.

Hal ini dipaparkan Kepala Dinas PUPR Luwu Utara, Suaib Mansyur dalam rapat di kantor Wali Kota Palopo, Kamis (21/11/2019). Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Wali Kota Palopo Judas Amir, Bupati Luwu Utara Putri Indah Putri Indriani, dan Bupati Luwu Basmin Mattayang turut hadir. Kepala Bappeda Pemprov Sulsel, Prof Rudy Jamaluddin menjadi moderator rapat.

"Pembangunan ruas Patila-Munte dari panjang 6 KM kami sudah intervensi 2 KM dan itu nilainya sekira Rp 11 Miliyar lebih sehingga sharing keuangan sudah lebih 10%. Kemudian untuk desainnya sudah memenuhi syarat sesuai yang dipersyaratkan," kata Suaib Mansyur dalam paparannya.


Suaib juga menerangkan sinkronisasi program pariwisata Kabupaten Luwu Utara dengan Pemprov Sulsel. Luwu Utara masih membutuhkan bantuan keuangan untuk menuntaskan akses ke UPT Bantimurung Kecamatan Bone-bone.

"Salah satu ruas kami yang belum tuntas adalah akses ke pariwisata UPT Bantimurung, jadi di Lutra (Luwu Utara) juga ada Bantimurung, Pak, pengunjungnya padat namun sayang sekali aspalnya belum tuntas. Jadi kriteria tadi, sharing program dalam bentuk kegiatan sudah ada, kemudian DED juga sudah siap, mungkin dari provinsi kami butuh bantuan keuangan untuk menuntaskan kurang lebih 6 KM," terangnya.

Selain itu, ada dua jembatan penghubung kabupaten yang juga jadi perhatian, yakni di Desa Lawewe, Kecamatan Baebunta yang berbatasan dengan Salu Jambu Kecamatan Lamasi Timur, dan juga jembatan Desa Pombakka Kecamatan Malangke Barat yang berbatasan dengan Bulu Londong Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu.

"Kemudian kita juga akan membangun jembatan multifungsi Taman Sulikan yang akan terhubung dengan Taman Pintar sebagai Public Space di Kota Masamba. Pembangunan ruas Baliase-Radda (Lingkar Selatan), pembangunan drainase dan pedestrian ibu kota, pembangunan jalan lingkar luar kabupaten (jalur pesisir), dan jembatan Sungai Lodang di Kecamatan Seko," jelasnya.


Nurdin merespons baik paparan Pemkab Luwu Utara tersebut. Dia berjanji akan mendorong anggaran bisa memacu pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kemudian terkait pariwisata silakan membangun kebutuhan dasar pengunjung, Provinsi akan support untuk membangun jalan ke lokasi. Persiapkan semua dengan baik dan akan kita cek kesiapan daerah terutama program prioritas yang bisa segera kita putuskan," kata Nurdin.

Untuk diketahui, Nurdin tengah mengusulkan anggaran bantuan keuangan daerah sebesar Rp 500 miliar di RAPBD Sulsel tahun 2020. (nvl/idh)