KPK Cecar Dirut Jasa Marga soal Penunjukan Subkontraktor Proyek Fiktif

KPK Cecar Dirut Jasa Marga soal Penunjukan Subkontraktor Proyek Fiktif

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 19:33 WIB
Foto: Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani di KPK. (Ibnu Hariyanto-detikcom)
Foto: Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani di KPK. (Ibnu Hariyanto-detikcom)
Jakarta - KPK memeriksa Dirut PT Jasa Marga Desi Arryani sebagai saksi kasus dugaan korupsi belasan proyek infrastruktur lama. Desi dicecar mengenai proyek-proyek yang diduga dikerjakan oleh subkontraktor fiktif.

"Tadi dilakukan pemeriksaan terhadap saksi. Kami mendalami pengetahuan saksi ketika menjabat Kepala Divisi III PT Waskita Karya terutama pengetahuan yang bersangkutan terkait dengan sejumlah proyek subkontrak, yang kami duga proyek subkontraktor fiktif ini terjadi cukup Lama di perusahaan tersebut," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019).


Febri menjelaskan salah satu poin yang dicari KPK adalah pengetahuan Desi terkait penunjukan sejumlah subkontraktor tersebut. Sebab, menurut Febri, dalam proses pengerjaan proyek di perusahaan BUMN pasti ada pembicaraan antardivisi.

"Itulah salah satu poin yang kami dalami lebih lanjut. Bagaimana alur prosesnya, karena ada keputusan, ada pertemuan, ada pembicaraan-pembicaraan dalam sebuah perusahaan termasuk BUMN itu dapat saja tidak melibatkan satu divisi saja, bisa jadi terkait dan diketahui pihak-pihak lain atau kepala divisi yang lain dalam perusahaan tersebut," ucap Febri.

Febri mengatakan setidaknya KPK mengidentifikasi ada empat belas proyek dalam kasus tersebut. Tak menutup kemungkinan jumlah proyek tersebut bisa bertambah bila ditemukan bukti-bukti lain.

"Setidaknya 14 proyek yang sudah kami identifikasi dan tidak menutup kemungkinan lebih dari 14 proyek. Akan ditelusuri lebih lanjut kalau buktinya cukup kuat," sebutnya
Selanjutnya
Halaman
1 2