Jadi Stafsus Jokowi, Angkie Yudistia: Sudah Saatnya Disabilitas Dianggap Setara

Jadi Stafsus Jokowi, Angkie Yudistia: Sudah Saatnya Disabilitas Dianggap Setara

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 18:48 WIB
Angkie Yudistia, staf khusus Jokowi (Andhika/detikcom)
Angkie Yudistia, staf khusus Jokowi (Andhika/detikcom)
Jakarta - Founder dan CEO Thisable Enterprise, Angkie Yudistia, menjadi salah satu staf khusus baru yang ditunjuk Presiden joko Widodo (Jokowi). Dia siap membantu Jokowi mewujudkan Indonesia ramah disabilitas.

Angkie memang seorang penyandang disabilitas. Saat sesi tanya-jawab dengan wartawan, dia memperkenalkan diri dengan bahasa isyarat.


"Perkenalkan, nama saya Angkie," ucap Angkie sambil membentuk bahasa isyarat namanya dengan tangan kanan.

"The one and only woman with disability, perempuan berkebutuhan khusus di tengah-tengah diberikan kesempatan terbaik oleh Bapak Presiden berdiri di sini menyuarakan 21 juta jiwa disabilitas di seluruh Indonesia," sambungnya.

Jokowi memperkenalkan staf khusus / Jokowi memperkenalkan staf khusus. (Andhika Prasetya/detikcom)


Angkie bangga dipilih oleh Jokowi mewakili Thisable Enterprise yang didirikannya 8 tahun lalu. Lewat Thisable Enterprise, dia menekankan bahwa sudah saatnya penyandang disabilitas dianggap setara.

"Sudah waktunya disabilitas bukan kelompok minoritas, tetapi kita dianggap setara. Membentuk lingkungan inklusi dengan melalui staf khusus presiden. Mudah-mudahan saya bisa bekerja lebih baik ya, Pak," ujar perempuan berusia 32 tahun ini.



Selain Angkie, ada 6 anak muda lain yang diperkenalkan Jokowi sebagai staf khusus. Dia berharap bisa menjadikan Indonesia ramah disabilitas.

"Dibantu dengan teman-teman yang hebat di sini dan bantuan teman teman wartawan dan masyarakat Indonesia menjadikan Indonesia lebih ramah disabilitas," papar Angkie. (dkp/imk)