detikNews
2019/11/21 17:18:39 WIB

Dirut Petrokimia Usai Diperiksa KPK: Saya Hanya Dikait-kaitkan Bowo Sidik

Ibnu Hariyanto - detikNews
Halaman 1 dari 3
Dirut Petrokimia Usai Diperiksa KPK: Saya Hanya Dikait-kaitkan Bowo Sidik Direktur Utama PT Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi, setelah menjalani pemeriksaan di KPK. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Direktur Utama PT Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi mengklaim dia hanya dikait-kaitkan dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi yang membelit mantan anggota DPR Bowo Sidik Pangarso. Rahmad pun berharap KPK dapat membuka perihal ini.

"Tadi sudah saya jelaskan semua, yang jelas di sidang tipikor sebelumnya sudah terang benderang bahwa saya hanya diikut-ikutkan karena ada yang mengait-ngaitkan kita gitu," ujar Rahmad setelah menjalani pemeriksaan sebagai saksi di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (21/11/2019).

Rahmad memang pernah bersaksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, tepatnya pada Rabu (4/9). Saat itu Rahmad mengaku pernah bertemu Bowo di salah satu restoran tetapi menepis pembahasan tertentu dengan alasan datang terlambat.


"Tidak ada spesifik dibicarakan," kata Rahmad saat itu.

Namun, Bowo, yang duduk sebagai terdakwa dalam sidang itu, memberikan tanggapan yang berbeda dari kesaksian Rahmad. Saat pertemuan tersebut, Bowo mengaku bertemu Rahmad untuk diperkenalkan kepada dua orang bernama Steven Wang dan Asty Winasty. Merujuk pada surat dakwaan KPK pada Bowo, Steven Wang disebut sebagai pemilik PT Tiga Macan, sedangkan Asty adalah General Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (PT HTK) saat itu.

"Pak Rahmad mengajak bertemu bertiga dengan Steven untuk mengatakan 'Pak Bowo bisa tidak dibantu persoalan HTK karena Pak Bowo cukup dengan Pak Aas (Direktur Utama PT Pupuk Indonesia Holding Company), karena di situ ada persoalan HTK kontrak terputus," kata Bowo.


Simak Video "Diperiksa KPK, Eks Mendagri Gamawan Fauzi Ditanyai Proyek IPDN"




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com