detikNews
Kamis 21 November 2019, 15:53 WIB

Pimpinan MPR Ungkap Ada Usul Presiden Bisa Dipilih 3 Kali Masa Jabatan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Pimpinan MPR Ungkap Ada Usul Presiden Bisa Dipilih 3 Kali Masa Jabatan Wakil Ketua MPR Arsul Sani (Azizah/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua MPR Arsul Sani mengungkapkan ada usulan perubahan terkait masa jabatan presiden. Masa jabatan presiden diusulkan berubah menjadi satu kali saja atau bahkan tiga kali masa jabatan.

Arsul awalnya meminta agar usulan perubahan masa jabatan itu tidak disikapi berlebihan. Arsul pun menjelaskan soal dua kali masa jabatan presiden.

"Hanya kalau yang sekarang itu dua kalinya dua kali saklek gitu kan. Artinya kalau dulu 'dapat dipilih kembali' itu kan maknanya dua kali juga sebelum ini. Tapi kan terus-terusan, kalau ini kan hanya dapat dipilih satu kali masa jabatan lagi. Kemudian ada yang diusulkan menjadi tiga kali (masa jabatan)," kata Arsul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).


Menurut Arsul, usulan-usulan itu baru sebatas wacana. Arsul juga menjelaskan soal usulan satu kali masa jabatan presiden.

"Ya itu kan baru sebuah wacana ya. Ada juga kan wacana yang lain, mengatakan bahwa ke depan presiden itu cukup satu kali masa jabatan saja, tetapi tidak lima tahun, delapan tahun, ada kan yang mengatakan demikian," ujar Arsul.

"Dan itu juga punya logical thinking-nya kan. Karena dengan satu kali masa jabatan tapi lebih lama, dia juga bisa meng-exercise, mengeksekusi program-programnya dengan baik," imbuhnya.


Terkait amandemen UUD 1945, Arsul mengaku pihaknya masih melihat wacana yang berkembang di masyarakat. Menurutnya, ada juga sejumlah usulan yang terkait amandemen UUD tersebut.

"Sama dengan misalnya rekomendasinya menekankan ini amendemen terbatas. Tapi kan kemudian muncul tidak terbatas hanya terkait dengan soal haluan negara saja, ya nggak apa-apa lah. Ada juga yang usul bahwa kembali saja ke UUD 1945 yang asli, ya nggak apa-apa lah. Kita kaji semuanya," ujar Arsul.

Nonton video Wakil Ketua MPR Sebut Ada Usul Masa Jabatan Presiden 3 Periode :

[Gambas:Video 20detik]






(azr/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com