RI Galang Dukungan DK PBB Tolak Upaya AS Legalkan Permukiman Israel

RI Galang Dukungan DK PBB Tolak Upaya AS Legalkan Permukiman Israel

Indah Mutiara Kami - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 13:41 WIB
Foto: RI Galang Dukungan DK PBB Tolak Upaya AS Legalkan Permukiman Israel (Dok. PTRI New York)
Foto: RI Galang Dukungan DK PBB Tolak Upaya AS Legalkan Permukiman Israel (Dok. PTRI New York)
Jakarta - Indonesia tegas menentang pernyataan Amerika Serikat yang tidak lagi menganggap permukiman Israel di wilayah Palestina di Tepi Barat. Indonesia pun menggalang dukungan di Dewan Keamanan (DK) Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini merupakan anggota tidak tetap DK PBB. Saat pertemuan DK PBB mengenai Palestina, Rabu (20/11) di New York, Indonesia berhasil menggalang dukungan DK PBB untuk menolak upaya Amerika Serikat (AS) untuk melegalkan pemukiman Israel di wilayah Palestina di Tepi Barat.


Setelah melalui negosiasi panjang, Indonesia akhirnya berhasil mendesak DK PBB untuk keluar dengan pernyataan Presiden DK yang menegaskan kembali status illegal pemukiman Israel tersebut. Hal ini merupakan kali pertama setelah sekian lama Presiden DK PBB gagal diberikan mandat untuk berbicara atas nama DK terkait isu Palestina.

Indonesia menegaskan bahwa pembangunan pemukiman ilegal telah menghambat penyelesaian konflik kedua negara. Sikap Indonesia itu disampaikan oleh Wakil Tetap Indonesia untuk PBB di New York, Dubes Triansyah Djani.

"Indonesia dengan tegas menolak pernyataan AS terkait kebijakan pemukiman ilegal Israel yang secara de-facto merupakan bentuk aknesasi terhadap wilayah Palestina, dan menjadi penghalang perdamaian berdasar solusi dua negara," kata Dubes Triansyah Djani seperti disampaikan lewat keterangan pers PTRI New York, Kamis (21/11/2019).



Simak Video "Menkominfo Bicara Soal Ancaman Mata-mata Pegasus Milik Israel"
Selanjutnya
Halaman
1 2