Bakamla Tangkap Kapal Bermuatan BBM Ilegal 35 Ton di Banten

M Iqbal - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 12:18 WIB
Foto: M Iqbal-detikcom/  Badan Keamanan Laut (Bakamla) menangkap kapal muatan BBM ilegal
Foto: M Iqbal-detikcom/ Badan Keamanan Laut (Bakamla) menangkap kapal muatan BBM ilegal
Cilegon - Badan Keamanan Laut (Bakamla) menangkap kapal muatan BBM ilegal sebanyak 35 ton di perairan Bojonegara, Banten. Kapal itu diduga tidak memiliki dokumen lengkap saat mengangkut BBM.

Kapal Bakamla KN Belut Laut yang sedang patroli menangkap kapal SPOB Noah 99 yang mencurigakan sekitar pukl 23.00 WIB, Rabu (20/11). Setelah ditelusuri, kapal tersebut ternyata mengangkut BBM.

Dari pemeriksaan awal, kapal SPOB Noah 99 mentransfer BBM jenis solar ke kapal tunda TB Momentum 8 di perairan Bojonegara. Saat hendak kembali ke pangkalan Pulau Kali, tim patroli Bakamla langsung mengamankan kapal tersebut.





"Untuk dokumen kapal mereka lengkap tapi berkaitan muatan beberapa dokumen tidak ada patut kita duga ilegal," kata Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksamana Pertama Bakamla NS Embun, Kamis (21/11/2019).


  Badan Keamanan Laut (Bakamla) menangkap kapal muatan BBM ilegal Badan Keamanan Laut (Bakamla) menangkap kapal muatan BBM ilegal Foto: M Iqbal-detikcom


Kapal saat ini diamankan di Jeti Golden Key. Enam ABK ikut diamankan dan masih menjalani pemeriksaan. Penyelidikan akan dilakukan Polairud Polda Banten.

"Itu makanya jadi kita ini hanya lakukan penyidikan awal nanti pendalaman akan dilajukan leh rekan-rekan kita entah dari Polair maupum PPNS ESDM," ujarnya.

BBM diduga ilegal tersebut diperkirakan dipasarkan ke wilayah Banten.




Simak juga video Bakamla Tangkap Kapal Pengangkut BBM Ilegal:

[Gambas:Video 20detik]



(fdn/fdn)