detikNews
2019/11/21 12:04:39 WIB

AKBP Benny Juga Pernah Ditegur Tito Karnavian karena Foto Bareng Artis

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 1
AKBP Benny Juga Pernah Ditegur Tito Karnavian karena Foto Bareng Artis AKB Benny Alamsyah setelah mengecek TKP. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - AKBP Benny Alamsyah dicopot dari jabatan Kapolsek Kebayoran Lama karena kasus narkoba. Sebelum kena kasus narkoba, nama AKBP Benny Alamsyah juga pernah disorot karena berfoto dengan seorang artis, Vitalia Sesha, yang saat itu ditangkap atas kasus narkoba.

Bermula ketika wanita bernama asli Andi Novitalia itu ditangkap Polsek Penjaringan di kamar 657 Hotel Mercure, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, pada Sabtu, 11 Juli 2015. Saat itu, Benny menjabat Kapolsek Pademangan yang menangani kasus Vitalia.

Saat ditangkap, Vitalia sedang bersama 3 pria lainnya. Hasil tes urine menunjukkan Vitalia positif narkoba.

Saat itu, Vitalia tidak ditahan oleh polisi atas kasus narkoba itu. Vitalia menjalani rehabilitasi setelah tertangkap narkoba.

Namun, di tengah-tengah pengusutan kasus Vitalia ini, tiba-tiba muncul foto Vitalia bersama AKBP Benny. Atas hal itu, Tito Karnavian, yang menjabat Kapolda Metro Jaya, kemudian memberikan teguran kepada Vitalia.

"Kapolsek ini melakukan langkah-langkah persuasif, bukan hanya Vitalia, ke semua. Karena kan tidak harus dengan marah-marah. Dengan cara friendly, humanis. Dan justru malah banyak terbuka. Dari hati ke hati. Namun, saat difoto itu, yang bersangkutan tidak sengaja untuk dijadikan konsumsi media massa," jelas Tito di Mapolda Metro Jaya, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (16/7/2015) kala itu.

"Saya sudah melakukan teguran, untuk Pamen teguran saja sudah nggak nyaman. Itu bisa pengaruh ke karirnya nanti," tambah Tito.
Foto yang diunggah Vitalia di akun instagramnya akhirnya dihapus. Namun di media sosial foto itu tersebar dan menjadi pembicaraan. Tak ada yang salah dengan foto itu, hanya memang saat publik melihat jadi timbul persepsi negatif.

"Pendekatan boleh-boleh saja, kalau ada foto yang terekspos gitu publik jadi menilai negatif. Padahal prestasinya sudah bagus. Saya kasih teguran untuk yang bersangkutan dan jajarannya. Bukan pendekatannya tapi kelalaiannya," terang Tito kala itu.

Setelah empat tahun kasus itu berlalu, AKBP Benny Alamsyah kembali tersandung kasus. Kali ini, dia ditangkap tim Propam Polda Metro Jaya atas dugaan kasus narkoba.

"Iya itu sudah lama, masih diproses di Direktorat Narkoba," ujar Kabid Propam Polda Metro Jaya Kombes John Nababan saat dihubungi detikcom, Kamis (21/11/2019).

Hanya, John tidak mau memberi penjelasan lebih detail soal kronologi penangkapan AKBP Benny itu. Ia menyerahkan kasus itu ke Humas Polda Metro Jaya.

"Silakan ke Humas saja untuk lebih jelasnya," ucapnya.

Benny telah dicopot dari jabatannya sebagai Kapolsek Kebayoran Baru. Posisinya saat ini telah digantikan oleh Kompol Jimmy, yang sebelumnya menjabat Kapolsek Ciputat.
Hingga berita ini diturunkan, detikcom masih mencoba menghubungi AKBP Benny Alamsyah. Namun panggilan telepon atau pesan detikcom belum dibalas.


(mei/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com