Komisi III Buka Wacana Evaluasi BNPT, Singgung Kinerja Deteksi Terorisme

Komisi III Buka Wacana Evaluasi BNPT, Singgung Kinerja Deteksi Terorisme

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 11:46 WIB
Foto: Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir di gedung DPR (Azizah-detikcom)
Foto: Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir di gedung DPR (Azizah-detikcom)
Jakarta - Komisi III DPR membuka kemungkinan mengevaluasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Kinerja BNPT dalam mendeteksi terorisme menjadi sorotan.

"Ini celetukan kawan-kawan untuk mengevaluasi apakah BNPT ini masih bisa diandalkan untuk mendeteksi terorisme atau sudah waktunya dievaluasi," kata Wakil Ketua Komisi III Adies Kadir di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).



Adies belum mengetahui seperti apa perkembangan evaluasi tersebut. Namun, jika BNPT dinilai sudah tidak bisa diandalkan, Adies menyebut bisa saja tugasnya dialihkan kepada pihak kepolisian.

"Kami belum tahu bagaimana nanti. Kita akan lihat berkembangnya seperti apa. Berarti kalau dievaluasi berarti semua di-handle oleh pihak kepolisian, dalam hal ini Densus 88," ujar Adies.

Menurut Adies, anggota Komisi III mempertanyakan mengapa selalu ada kejadian terorisme lebih dulu baru ada langkah antisipasi yang diambil. Adies menyinggung keberhasilan BNPT dalam program deradikalisasi.

"Kalau dibilang berhasil atau tidak itu relatif, karena sebagian besar yang lama-lama itu kebanyakan sudah kembali dari deradikalisasi. Dari pertanyaan kami dari kawan-kawan, kenapa semakin banyak juga paham-paham yang baru atau ranting-ranting semakin menjamur," ucapnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2