Selamat Jalan Bahtiar Effendy, Intelektual Muslim dari Ambarawa

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 10:37 WIB
Bahtiar Effendy telah meninggal dunia. (Ari Saputra/detikcom)
Bahtiar Effendy telah meninggal dunia. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bahtiar Effendy telah meninggal dunia pada dini hari tadi. Bahtiar merupakan sosok intelektual muslim yang berwawasan luas.

Dilansir dari Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Jakarta, kiprah Bahtiar di bidang akademik memang lintas negara. Dia adalah salah satu pendiri PPIM dan salah satu Dewan Penasihat PPIM.


Bahtiar Effendy lahir di Ambarawa, Jawa Tengah, 10 Desember 1958, atau 60 tahun lalu. Dia kemudian menjadi santri di Pondok Pesantren Pabelan, Muntilan, Jawa Tengah.

Dia menempuh pendidikan perguruan tinggi di IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Dia mengambil studi Ilmu Perbandingan Agama. Gelar sarjana sukses diraihnya pada 1986.


Pendidikannya berlanjut ke Negeri Paman Sam. Dia meraih dua gelar master di Amerika Serikat. Pertama, master untuk Kajian Asia Tenggara dari Ohio University di Athens pada 1988 dan master Ilmu Politik dari Ohio State University di Columbia, pada 1991. Gelar Ph.D dalam bidang ilmu politik juga dia raih dari Ohio University.

Sebagaimana diberitakan detikcom, Bahtiar ditunjuk Rektor UIN Syarif Hidayatullah saat itu, Komaruddin Hidayat, untuk menjadi dekan Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) UIN yang pertama. Fakultas itu berdiri sejak 27 Juni 2009.

Selanjutnya
Halaman
1 2