Zulhas Tetap Maju Caketum PAN Hadapi Klan Amien Rais

Zulhas Tetap Maju Caketum PAN Hadapi Klan Amien Rais

Deden Gunawan - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 08:18 WIB
Zulkifli Hasan (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Zulkifli Hasan (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) berencana menggelar rapat kerja nasional (rakernas) pada 6 Desember 2019 mendatang. Forum ini bakal menentukan jadwal kongres partai berlambang matahari biru tersebut sekaligus menyusun aturan main dalam pemilihan ketua umum.

Namun di tengah kesibukan elite partai menyelenggarakan hajat akbar lima tahunan tersebut terbesit kabar Zulkifli Hasan (Zulhas) yang saat ini menjabat Ketua Umum PAN sedang menimbang-nimbang tak maju lagi sebagai kandidat ketua umum.

Usut punya usut keengganan tersebut disebabkan rencana majunya anak pendiri partai Amien Rais, Hanafi Rais sebagai calon ketua umum. "Bang Zul (Zulkifli Hasan) sepertinya tidak mau maju kalau Hanafi maju. Sebab Hanafi sudah dianggap anak sendiri oleh Bang Zul," jelas sumber detikcom yang dekat dengan Zulkifli.



Zulhas sendiri berbesanan dengan Amien Rais. Anak pertama Zulkifli, Futri Zulya Savitri menikah dengan putra ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais pada Oktober 2011 lalu.

Hanafi yang kini menjadi Ketua Fraksi PAN di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), ujar sumber tersebut, sedang didorong maju oleh para loyalis Amien Rais untuk masuk ke gelanggang perebutan kursi ketua umum.

Kabar tersebut dibantah Wasekjen PAN Rizky Aljufri. Menurutnya Zulhas akan tetap maju sebagai caketum sekali pun harus berhadapan dengan Hanafi Rais.

"Bang Zul sangat siap maju siapapun lawannya. Asalkan pengurus DPD dan DPW mendukung. Sebab pemilik suara adalah mereka. Jadi jangan koar-koar banyak dulu sebelum ada dukungan dari daerah," jelas Rizky kepada detikcom, Selasa, (19/11/2019).
Selanjutnya
Halaman
1 2 3