detikNews
2019/11/21 06:37:59 WIB

Menag Wanti-wanti Penceramah Pilih Ayat

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menag Wanti-wanti Penceramah Pilih Ayat Foto: Fachrul Razi usai rapat di DPR (Zhacky/detikcom)
Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mewanti-wanti para penceramah dalam memilih ayat. Fachrul tak ingin ketidakwaspadaan penceramah dalam mengangkat satu ayat malah menimbulkan kegaduhan luar biasa.

"Kadang-kadang ketidakwaspadaan ustaz-ustaz atau penceramah agama apapun dalam mengangkat ayat-ayat justru memunculkan kegaduhan yang luar biasa atau menyebabkan timbulnya tindakan radikalisme," kata Menag Fachrul Razi di Mabes AD Dinas Pembinaan Mental, Jalan Kesatrian VI, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (20/11/2019).

Fachrul lantas mencontohkan mengenai ketidakwaspadaan para penceramah dalam memilih ayat. Dia menyindir seorang penceramah mengangkat ayat yang membolehkan membunuh orang lain.

"Sebagai contoh misalnya ada ustaz atau penceramah yang mengangkat, 'Beberapa orang darahnya halal untuk dibunuh yaitu yang A, yang B, yang C'. Meskipun dia pakai ayat-ayat suci, sangat berbahaya, tidak kontekstual. Itu sama dengan menganjurkan orang membunuh dan ingin melakukannya," ujarnya.

Kondisi tersebut pernah dialami sendiri oleh Fachrul. Mantan Wakil Panglima TNI itu langsung menegur penceramah yang menyampaikan ayat tersebut.

"Saya pernah mengalami seperti itu. Saya langsung angkat tangan. Saya bilang, 'Ustaz, anda salah. Kalau semua orang ini nggak tahu kemudian langsung membunuh orang yang seperti itu, masuk hukuman 15 tahun semua dan anda termasuk yang saya tunjuk sebagai provokator utamanya'," ucap Fachrul.



Tonton juga video MUI Jatim Imbau Pejabat Tak Salam Semua Agama, Menag: Dasar Hukumnya Ada:




Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +