Round-Up

Buntut Panjang Tausiah UAS di KPK

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 06:10 WIB
Ustaz Abdul Somad di KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Ustaz Abdul Somad di KPK (Foto: Ari Saputra/detikcom)


Keesokan harinya atau pada Rabu, 20 November 2019, KPK mengundang KH Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq. Agak berbeda dengan Somad, kedatangan Gus Muwafiq sudah lebih dulu dikabarkan humas KPK untuk meliput kegiatan bertajuk Silaturahmi Kebangsaan dan Doa Bersama untuk Negeri.

Dalam kegiatan itu seluruh pimpinan KPK hadir. Gus Muwafiq memberikan tausiah mengenai persatuan.

Namun belakangan diketahui bila kehadiran Ustaz Somad sudah lebih dulu dicegah pimpinan KPK. Kenapa?

Ketua KPK Agus Rahardjo menyampaikan bila kehadiran Ustaz Somad ke KPK bukan atas undangan KPK secara kelembagaan. Agus mengaku sudah tahu bila sejumlah pegawai KPK ingin menghadirkan Somad tetapi dirinya berharap agar keinginan itu ditangguhkan.




"Bukan mencegah kapasitas UAS, tapi kan di beberapa waktu lalu pernah ada kontroversi ya mengenai beliau. Kami mengharapkan kalau yang khotbah di KPK itu orang yang inklusif orang yang tidak berpihak pada aliran tertentu. Harapan kita semuanya begitu," kata Agus.

Agus menyebut kedatangan Somad itu tidak disetujui. Untuk itu pimpinan KPK akan memanggil para pegawai yang mengundang Somad. Agus mengatakan sekelompok pegawai yang menyampaikan undangan tausiah kepada Somad bukan dari Wadah Pegawai (WP) KPK, melainkan BAIK (Badan Amal Islam KPK).

"Ya itu nanti kepada pegawainya kita periksa," ucap Agus.

Halaman

(dhn/zak)