Puing Pesawat Tempur Jepang Ditemukan di Teluk Wondama Papua

Puing Pesawat Tempur Jepang Ditemukan di Teluk Wondama Papua

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Nov 2019 01:50 WIB
Bangkai Pesawat Pasukan Kamikaze (Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua/Istimewa)
Bangkai Pesawat Pasukan Kamikaze (Hari Suroto/Balai Arkeologi Papua/Istimewa)
Jayapura - Balai Arkeologi Papua menemukan puing-puing pesawat tempur Jepang di Selat Namamura, Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Puing pesawat tempur Jepang yang ditemukan itu berjenis Mitsubishi A6M Zero.

"Puing-puing pesawat ini ditemukan pada kedalaman 20 meter," kata peneliti Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto, di Jayapura, Rabu (21/11/2019), seperti dilansir Antara.

Hari menyebut penemuan tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah Teluk Wondama. Selat Namamura sendiri adalah spot yang cocok untuk penelusuran bangkai pesawat Perang Dunia II atau wreck diving.

"Kedalaman 20 m di Selat Numamura sangat cocok bagi para penyelam pemula hingga mahir. Lanskap pada kedalaman 20 m di selat ini cocok untuk wall dive dan sensasi menikmati arus," ucap Hari.



Hari mengingatkan agar selalu beriringan saat menyelam di Selat Namamura. Sebab, arus bisa tiba-tiba muncul.

"Untuk berkunjung dan menyelam di Selat Numamura dilakukan pada siang hari, hal ini berkaitan dengan pantulan cahaya matahari di kedalaman 20 m dan kondisi arus laut," jelasnya.




Simak video Bom Latih Sukhoi Jatuh di Kebun Tebu Lumajang:

[Gambas:Video 20detik]



(zak/isa)