Anggota Satpol PP Diduga Bobol ATM, Gerindra DKI Usul DPRD Bentuk Pansus

Anggota Satpol PP Diduga Bobol ATM, Gerindra DKI Usul DPRD Bentuk Pansus

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 21:45 WIB
Ilustrasi ATM (Foto: Gettyimages-Uriel Sinai)
Ilustrasi ATM (Foto: Gettyimages-Uriel Sinai)
Jakarta - Anggota DPRD DKI Fraksi Gerindra Purwanto mengusulkan ke pimpinan Dewan untuk membentuk panitia khusus. Hal itu guna memeriksa sistem perbankan di Bank DKI.

Usulan ini merupakan buntut peristiwa anggota Satpol PP Jakarta Barat yang diduga melakukan pembobolan ATM. Purwanto mengatakan pansus itu bekerja untuk menginvestigasi apa yang menjadi akar masalah.

"Saya akan usulkan agar DPRD membentuk pansus untuk menyelidiki permasalahan di Bank DKI. Pansus ini akan bekerja untuk menginvestigasi permasalahan sebenarnya, bukan hanya pembobolan, tapi sistem perbankan mereka," ujar Purwanto dalam keterangan tertulis, Rabu (20/11/2019).



Purwanto menilai sistem monitoring dan keamanan di Bank DKI lemah. Purwanto, yang merupakan nasabah Bank DKI, mengaku kerap mengalami hal aneh terhadap rekeningnya.

"Secara pribadi, saya juga mengalami hal yang sama, saldo rekening di Bank DKI selalu berkurang tanpa saya ketahui dan potongannya aneh-aneh, ada biaya administrasi, ada fee, dan lainnya. Ketika saya tanyakan ke mereka, jawabannya tidak memuaskan," katanya.

Purwanto mengatakan Pansus Bank DKI diharapkan menjadi solusi dalam mengevaluasi kinerja dan sistem bank itu secara komprehensif. Dia juga mendorong Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menindaklanjuti kasus pembobolan ini.

"Ada pihak lain di internal Bank DKI yang memainkan pembobolan itu secara masif. Oknum itu harus diusut tuntas. Karena kalau secara kelembagaan ini sudah diatasi oleh pimpinan, tapi pegawai di bawahnya kan memainkan peluang ini terus," jelasnya.



"Apalagi setiap vendor, SKPD, dan pihak lain yang terlibat dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bertransaksi melalui Bank DKI. Perputaran uangnya besar," lanjut Purwanto.

Selanjutnya
Halaman
1 2