detikNews
2019/11/20 17:35:13 WIB

Muncul Opsi Pemilihan Lewat DPRD, KPU Tetap Siapkan Pilkada Langsung

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Muncul Opsi Pemilihan Lewat DPRD, KPU Tetap Siapkan Pilkada Langsung Ketua KPU Arief Budiman (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - KPU menanggapi wacana evaluasi pilkada langsung. KPU akan menyerahkan evaluasi sistem pemilu kepada pembuat UU, tapi akan tetap melakukan evaluasi teknis di lapangan.

"Misalnya kalau ada pertanyaan, kalau pemilihan langsung apa yang sulit bagi KPU? Oh yang sulit ya tentu kami harus distribusi logistik ke banyak tempat, dibandingkan tidak langsung, misalnya kan tidak perlu distribusi logistik ke banyak tempat, karena pemilihannya ada dalam ruangan. KPU harus memutakhirkan data pemilu," kata Ketua KPU Arief Budiman di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).
Soal usulan evaluasi pilkada langsung, Arief mengatakan KPU akan memberikan catatan-catatan tentang pelaksanaan pemilu di lapangan. Meski ada opsi pemilihan kepala daerah melalui DPRD, Arief menegaskan KPU akan siap melaksanakan pilkada langsung.

"Oh ya, sampai hari ini KPU menyatakan siap untuk menyelenggarakan Pemilu secara langsung. Kami serahkan (pembahasannya) kepada pembuat UU, tapi KPU sebenarnya siap nggak 2020-2024 masih pemilihan langsung? Kami siap," tegas Arief.

"Sampai dengan hari ini tidak ada hal yang tidak bisa diselesaikan oleh KPU dalam tahapan pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah," imbuhnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com