Komisi II Kaji Opsi-opsi Pelaksanaan Pilkada: Kembali ke DPRD-Asimetris

Komisi II Kaji Opsi-opsi Pelaksanaan Pilkada: Kembali ke DPRD-Asimetris

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 16:09 WIB
Foto: Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tanjung (Azizah/detikcom)
Foto: Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tanjung (Azizah/detikcom)
Jakarta - Komisi II DPR menyebut hingga saat ini belum ada keputusan soal pelaksanaan pilkada secara asimetris. Usulan itu disebut masih dalam tahap pengkajian.

Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia Tanjung mengatakan ada sejumlah opsi yang berkembang usai wacana evaluasi pilkada langsung mencuat. Doli tak mempermasalahkan opsi-opsi yang berkembang itu.

"Sekarang silakan saja ya bermunculan gagasan-gagasan, opsi-opsi tentang model pilkada nanti seperti apa. Nah saya kira bagus saja kalau ada orang yang mengemukakan ini kita mau ubah, ada alternatif, ada pilkada yang asimetris misalnya," kata Doli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

"Kemudian ada juga yang mengatakan tetap pilkada langsung tetapi dengan revisi, koreksi terhadap ekses-ekses negatif. Ada yang juga bilang kembali ke DPRD," imbuhnya.



Menurut Doli, yang menjadi masalah adalah opsi-opsi yang berkembang itu sudah dianggap sebagai kesimpulan. Padahal menurutnya, wacana itu masih dikaji.

"Nah selama itu menjadi opsi-opsi nggak ada masalah. Yang jadi masalah itu pagi-pagi kita langsung mengatakan 'kita ubah menjadi ini'. Jadi biarkan aja itu menjadi wacana, nanti kita kaji. Soal asimetris itu juga itu secara konsepsional juga harus didudukkan dengan tepat," ujar Doli.
Selanjutnya
Halaman
1 2