detikNews
Rabu 20 November 2019, 14:37 WIB

Penerapan Denda Motor-Mobil Masuk Jalur Sepeda Tunggu Pergub Diundangkan

Eva Safitri - detikNews
Penerapan Denda Motor-Mobil Masuk Jalur Sepeda Tunggu Pergub Diundangkan Jalur sepeda (Foto: Grandyos Zafna-detikcom)
Jakarta - Aturan soal denda bagi para pemotor dan pengendara mobil yang melintas di jalur sepeda menunggu Pergub diundangkan. Denda tersebut belum diterapkan hari ini.

"Belum, menunggu Pergub-nya," ujar Kadishub DKI Syafrin Liputo ketika dikonfirmasi, Rabu (20/11/2019).



Kabiro Hukum Pemprov DKI Yayan Yuhanah mengatakan Pergub tekait jalur sepeda sudah diteken Gubernur DKI Anies Baswedan. Dia mengatakan Pergub berlaku setelah nantinya diundangkan.

"Sesudah ditandatangani Pak Gubernur, diberikan nomor, penomoran oleh Biro Umum. Nah, setelah diberi penomoran, Biro Umum menyampaikan ke Biro Hukum untuk proses pengundanngan. Nanti diundangkan oleh Biro Hukum, mulailah berlaku. Tapi saya belum cek hari ini udah jadi apa belum ya," kata Yayan.

Pemprov DKI Jakarta telah membuat jalur sepeda sepanjang 63 Km pada tahun ini. Penanda jalur dan pembatas jalan pun sudah dipasang.



Sosialisasi mengenai jalur sepeda ini juga sudah dilakukan pada 20 Oktober sampai 19 November 2019. Dalam aturan terkait jalur sepeda dijelaskan ada larangan motor ataupun mobil melintas di jalur sepeda. Pengendara akan dikenakan sanksi denda paling besar Rp 500 ribu.

"Ini kita ancam dengan Pasal 284 UU Nomor 22 tahun 2009 di mana, di sana diancam pidana kurung maksimal dua bulan atau denda paling besar Rp 500 ribu," ucap Syafrin, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (19/11).
(eva/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com