detikNews
Rabu 20 November 2019, 14:15 WIB

Usai Disinggung Komisi III, Kapolda Metro Akhirnya Duduk di Deretan Kapolri

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Usai Disinggung Komisi III, Kapolda Metro Akhirnya Duduk di Deretan Kapolri Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy akhirnya duduk sederet dengan Kapolri Jenderal Idham Azis (Marlinda/detikcom)
Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono akhirnya duduk di barisan depan bersama Kapolri Jenderal Idham Azis saat rapat dengan Komisi III DPR. Posisi duduk Gatot sebelumnya mendapat sorotan dari Komisi III.

Pantauan detikcom, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019), Gatot duduk bersama Idham di barisan paling depan. Gatot tampak duduk di sebelah kanan Koordinator Staf Ahli Kapolri Irjen Refdi Andri.



Perubahan posisi duduk Gatot itu terjadi usai skorsing rapat selesai. Gatot yang sebelumnya duduk di barisan kedua bersama Kapolda-Kapolda lainnya tampak duduk di barisan terdepan.

Posisi duduk Gatot itu sebelumnya disorot oleh Komisi III. Mereka meminta agar Gatot sebagai Kapolda Metro duduk di barisan paling depan. Hal itu sebagai bentuk penghargaan kepada 'penguasa' ibu kota.

"Saudara pimpinan sepanjang saya ketahui biasanya saudara Kapolda Metro Jaya duduknya di depan kalau setiap kita rapat, sama seperti kita rapat dengan Jaksa Agung biasanya Kajati DKI duduknya di depan, itu penghormatan kepada penguasa ibu kota," kata anggota Komisi III Fraksi PDIP, Trimedya Panjaitan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).



"Jadi kami sarankan ke depan supaya Kapolda Metro, kebetulan kosong tempat duduknya. Kalau kursi ini nggak apa direbut Pak Gatot, yang susah direbut kursi DPR. ini berdarah-darah semua bisa sampai Komisi III," sambungnya.

Hal senada pun disampaikan Ketua Komisi III Herman Herry. Herman juga menyampaikan bahwa biasanya Kapolda Metro Jaya duduk di deretan Kapolri di barisan paling depan.

"Memang biasanya Kapolda Metro duduk di depan Pak Kapolri," ujar Herman.
(mae/haf)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com