detikNews
2019/11/20 13:53:29 WIB

Raker Bareng KPU, Anggota Komisi II: Jangan Ada Pikiran Pilkada Balik ke DPRD

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Raker Bareng KPU, Anggota Komisi II: Jangan Ada Pikiran Pilkada Balik ke DPRD Foto: Raker Komisi II DPR dengan KPU-Bawaslu (Azizah/detikcom)
Jakarta - Anggota Komisi II DPR F-Golkar Zulfikar Arse Sadikin meminta pemilihan kepala daerah (pilkada) tetap dilakukan dengan sistem pemilihan langsung. Zulfikar meminta jangan ada pikiran untuk mengembalikan pilkada ke DPRD.

"Dalam hal ini pemilihan langsung ini tetap dijaga kelihatannya oleh teman-teman itu. Oleh karena itu, jangan ada pikiran dari kita para peserta Pemilu untuk mengembalikan pemilihan itu pada DPRD bagi Pilkada," kata Zulfikar dalam rapat kerja bersama KPU-Bawaslu di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

"Termasuk Pilpres itu kepada MPR. Karena gejala itu sudah ada. Mendagri sudah bilang ke mana-mana, disambung lagi oleh beberapa orang anggota DPD," imbuhnya.



Menurut Zulfikar, pemilihan melalui DPRD sama saja dengan merampas hak rakyat. Jika ada kekurangan dalam pilkada, kata Zulfikar, lebih baik diperbaiki.

"Bahwa ada kekurangan, ya, kita perbaiki kekurangannya. Jangan sampai alasan-alasan mengembalikan pemilihan kepada DPRD mendelegitimasi pemilihan langsung presiden dan wakil presiden. Karena saya lihat arahnya ke sana itu," ujarnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com