detikNews
2019/11/20 11:52:20 WIB

Para Bupati Gandeng UGM Kaji Kelayakan Pemekaran Papua Tengah

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Para Bupati Gandeng UGM Kaji Kelayakan Pemekaran Papua Tengah Bupati Puncak Willem Wandik (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - Harapan agar pemekaran Provinsi Papua Tengah direalisasikan kembali mencuat. Para bupati dari Tanah Papua pun menggandeng tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, untuk melakukan kajian pemekaran provinsi tersebut.

"Hari ini kami para bupati yang ada di Papua Tengah jadi satu mendorong perjuangan (pemekaran) itu," kata Bupati Puncak Willem Wandik di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

"Kami juga sudah mengundang tim UGM untuk mengkaji tentang proses pemekaran Provinsi Papua Tengah," imbuhnya.




Willem datang bersama dengan Isaias Douw, yang merupakan Bupati Nabire. Saat ini Puncak dan Nabire berada dalam wilayah administrasi Provinsi Papua.

Kembali pada keterangan Willem. Dia menyebut kajian tim independen yang disebutnya sesuai dengan permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Sesuai dengan keinginan Pak Presiden, Mendagri, bahwa ada satu daerah mau pemekaran dan ada rencana moratorium, maka kami pada prinsipnya para bupati sudah kerja sama dan mengundang, menggandeng UGM untuk mengkaji secara objektif dan bijaksana, sehingga tidak hanya asal keinginan untuk kekuasaan, tapi daerah Papua adalah sangat luas, rentang kendalinya sangat luar biasa," ujar Willem.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com