Saking Istimewanya, Yogyakarta Dapat Rp 1,3 Triliun dari Indonesia pada 2020

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 10:31 WIB
Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko
Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko
Jakarta - Pemerintah Indonesia memberikan keistimewaan kepada Yogyakarta. Salah satunya dengan memberikan dana keistimewaan tiap tahun kepada Yogyakarta.

Bukti keistimewaan itu diwujudkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2019 tentang APBN 2020. Sebagaimana dikutip detikcom, Rabu (20/11/2019), salah satu isi APBN 2020 adalah soal penyaluran dana untuk Yogyakarta, yaitu pemerintah Indonesia mengalokasikan dana keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar Rp 1,3 triliun.

Yogyakarta menjadi satu-satunya provinsi yang mendapatkan dana keistimewaan dari pemerintah Indonesia. Dana ini diberikan setiap tahun lewat APBN.
Saking Istimewanya, Yogyakarta Dapat Rp 1,3 Triliun dari Indonesia Pada 2020Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom


Hak mengatur tanahnya sendiri merupakan salah satu keistimewaan yang diberikan pemerintah Indonesia kepada Kesultanan Yogyakarta. Hal itu tertuang dalam Pasal 18 ayat (1) huruf B UUD 1945. Yaitu:

1. Negara mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus atau bersifat istimewa yang diatur dengan undang-undang.

2. Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang diatur dalam undang-undang.
Selanjutnya
Halaman
1 2