Di Balik Geger Vonis Uang Jemaah First Travel Dirampas Negara

Di Balik Geger Vonis Uang Jemaah First Travel Dirampas Negara

Andi Saputra - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 09:34 WIB
Andika-Anniesa (dok.pri)
Andika-Anniesa (dok.pri)
Jakarta - Sebanyak 529 item barang First Travel dirampas untuk negara. Putusan itu diketok oleh Pengadilan Negeri (PN) Depok dan dikuatkan Mahkamah Agung (MA).

Berdasarkan catatan detikcom, Rabu (20/11/2019), tuntutan perampasan ke negara tidak diajukan jaksa.
Di Balik Geger Vonis Uang Jemaah First Travel Dirampas NegaraFoto: Lamhot Aritonang/detikcom

"Ini yang menjadi masalah. Aset First Travel ini kita nuntut agar barang bukti dan uang-uang disita dikembalikan kepada korban. Tapi oleh pengadilan, itu disita untuk negara, ini kan jadi masalah," kata Jaksa Agung ST Burhanuddin.



Ihwal perampasan untuk negara muncul pertama kali dalam putusan PN Depok. Duduk sebagai ketua majelis Sobandi dengan anggota Teguh Arifiano dan Yulianda Trimurti Asih Muryati. Putusan itu kemudian dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Bandung. Duduk sebagai ketua majelis Arif Supratman dengan anggota Ade Komarudin dan Abdul Fattah.

Di Balik Geger Vonis Uang Jemaah First Travel Dirampas NegaraKetua majelis sidang First Travel, Sobandi, kini jadi KPN Denpasar (Dita/detikcom)

Di tingkat kasasi, lagi-lagi MA memutuskan aset itu dirampas untuk negara. Putusan tersebut diketok oleh ketua majelis Andi Samsan Nganro dengan anggota Eddy Army dan Margono.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3