Rektor UIN Suska: Ustaz Somad Diberhentikan dengan Terhormat Banget

Rektor UIN Suska: Ustaz Somad Diberhentikan dengan Terhormat Banget

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 20 Nov 2019 09:03 WIB
Ustaz Abdul Somad (Ari Saputra/detikcom)
Ustaz Abdul Somad (Ari Saputra/detikcom)
Pekanbaru - Pengunduran diri Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS) dari dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) telah dikabulkan. UAS diberhentikan dari status PNS secara terhormat.

"Kami sudah mengikuti semua prosedur yang ada untuk mengabulkan surat permohonan pengunduran diri UAS sebagai PNS. Dia kami berhentikan dengan hormat. Dia terhormat banget," kata Rektor UIN Suska Prof Akhmad Mujahidin, Rabu (20/11/2019).

Akhmad menjelaskan pihaknya tidak mungkin mempertahankan UAS. Sebab, pengunduran diri sebagai dosen datang dari ustaz kondang itu sendiri.

"Jadi beliau itu kehormatannya sangat terjaga. Lain hal kalau diperiksa KASN, keputusannya malah diberhentikan tidak hormat kan lain lagi. Tentu Rektor mengambil keputusan berdasarkan regulasi di atasnya. Sekarang kan Sekjen (Kemenag) kasih solusi, ya berhentikan dengan hormat, ya itu kan hak rektor, ya sudah, kami luruskan saja," kata Akhmad.



Menurut Akhmad, pihaknya sudah menempuh regulasi untuk mengambil keputusan memberhentikan UAS sesuai dengan permintaannya. Pihak kampus dalam tiga pekan berturut-turut sudah melayangkan surat klarifikasi kepada UAS.

"Surat kami sampai kok melalui orang dekat UAS. Tapi kan tidak ada respons. Terus kami minta pertimbangan ke Sekjen Kemenag dan kami diberi kewenangan untuk mengambil keputusan itu," kata Akhmad.
Selanjutnya
Halaman
1 2