Ortu Anak Tak Naik Kelas Beri Opsi Damai, SMA Gonzaga: Konsep Kami yang Buat

Ortu Anak Tak Naik Kelas Beri Opsi Damai, SMA Gonzaga: Konsep Kami yang Buat

Yulida Medistiara - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 17:54 WIB
Sidang gugatan perdata ortu murid SMA Gonzaga. (Yulida Medistiara/detikcom)
Sidang gugatan perdata ortu murid SMA Gonzaga. (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Orang tua murid yang anaknya tidak naik kelas, Yustina Supatmi, membuka peluang damai dengan SMA Gonzaga. Kuasa hukum SMA Gonzaga, Edi Danggur, mengatakan konsep perdamaian akan dibuat oleh pihaknya.

"Intinya penggugat mau damai. Disepakati bahwa saya selaku kuasa hukum Gonzaga yang akan membuat konsep perdamaian. Jadi kuasa penggugat maupun Disdik meminta saya sebagai kuasa hukum Gonzaga yang bikin draf perdamaian," kata Edi saat dimintai konfirmasi, Selasa (19/11/2019).


Edi mengatakan pada Kamis (22/11) pihaknya akan kembali mediasi dengan pihak ortu murid, Yustina, dan Disdik Pemprov DKI untuk membahas poin-poin perdamaian. Salah satu yang akan dirumuskan dalam poin perdamaian itu adalah penggugat akan mencabut gugatannya dan tidak boleh kembali mengajukan gugatan lagi.

"Dia cabutlah dan tidak boleh gugat lagi di lain hari," kata Edi.

Edi mengatakan tidak akan mengakomodasi satu pun tuntutan pihak penggugat dalam draf perdamaian yang dia rumuskan. Misalnya terkait tuntutan anaknya meminta kenaikan kelas. Sebab, menurut Edi anak tersebut sudah pindah sekolah.

Sebelumnya, pihak Yustina menyebut Disdik Pemprov DKI akan mengevaluasi proses pembelajaran SMA Gonzaga, tetapi hal tersebut dibantah Edi. Menurut Edi, hal itu hanya klaim sepihak dari penggugat karena kurikulum SMA Gonzaga terkait standar nilai sudah disetujui oleh Disdik Pemprov DKI.

"Iyalah (klaim sepihak). Begini, kurikulum Gonzaga itu selalu mengacu pada kurikulum nasional. Dan kurikulum ini juga sudah di-ACC oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan DKI. Jadi Gonzaga tidak mungkin bikin kurikulum yang beda dari nasional punya, sehingga tidak mungkin evaluasi. Nggak ada," sambungnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2