detikNews
2019/11/19 17:44:33 WIB

Jalur Sepeda Cikini Dibongkar demi Trotoar, Begini Pendapat Pejalan Kaki

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jalur Sepeda Cikini Dibongkar demi Trotoar, Begini Pendapat Pejalan Kaki Jalur sepeda di Cikini dibongkar. (Jefrie/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membongkar jalur sepeda untuk melakukan pelebaran trotoar di Jalan Diponegoro, Cikini, Jakarta Pusat, yang menuju arah Jalan Salemba Raya. Apa kata para pejalan kaki?

Salah satu pejalan kaki bernama Muhammad Ilham (16) mengaku menyayangkan pembongkaran ini. Hal tersebut dia ungkapkan karena menurutnya pemberlakuan jalur sepeda ini pun masih terbilang baru.

"Sayang aja sih kan baru dibuat kok malah diancurin gitu. Ini buat trotoar juga kan ya nanti jalurnya malah menyempit dong, jadi macet juga," kata Ilham di lokasi, Selasa (19/11/2019).



Sebagai pejalan kaki dan pengendara sepeda, Ilham mengaku sering melewati jalan ini. Meski menganggap pembongkaran jalur sepeda ditujukan untuk perluasan trotoar dan keamanan pejalan kaki, dia khawatir hal ini justru akan membuat kawasan tersebut menjadi macet.

"Buat pejalan kaki sih lebih aman saja sih. Karena waktu dulu kan di sini kecil (trotoarnya), cuma segini doang, jadi kalau mobil ngebut juga nggak kenapa-kenapa. Tapi kalau dikecilin jalanannya juga macet," sambungnya.

Jalur Sepeda Cikini Dibongkar Demi Trotoar, Begini Pendapat Pejalan KakiJalur sepeda di Cikini dibongkar. (Jefrie/detikcom)


Pendapat serupa disampaikan Ahmad Jannata (17). Siswa SMK yang juga teman Ilham ini mengatakan hal itu justru hanya membuang-buang anggaran yang ada.

"Ya buang-buang duit sih. Baru dibikin, baru dicat terus malah dibongkar lagi buat trotoar. Ya buat trotoarnya mungkin lebih amankan buat pejalan kaki bagus juga kan, mungkin (mengajak) penduduk Jakarta lebih jalan kakilah," kata Jannata.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com