Bawa Ratusan Butir Psikotropika ke Bali, WN China Dituntut 1 Tahun Bui

Bawa Ratusan Butir Psikotropika ke Bali, WN China Dituntut 1 Tahun Bui

Aditya Mardiastuti - detikNews
Selasa, 19 Nov 2019 17:22 WIB
Ilustrasi psikotropika (Grandyos Zafna/detikcom)
Ilustrasi psikotropika (Grandyos Zafna/detikcom)
Denpasar - Warga negara (WN) China Lian Hao Cheng (32) dituntut satu tahun penjara terkait kepemilikan ratusan butir psikotropika. Pria yang bekerja sebagai asisten pengacara itu diyakini bersalah membawa ratusan butir psikotropika saat mendarat di Bali.

"Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Denpasar yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan menyatakan terdakwa Lian Hao Cheng terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana telah mengimpor psikotropika golongan IV. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Lian Hao Cheng dengan pidana penjara selama satu tahun dan membayar denda sebesar Rp 10 juta subsidair 4 bulan kurungan," kata jaksa penuntut umum Eddy Arta Wijaya saat membacakan surat tuntutan di PN Denpasar, Jl PB Sudirman, Denpasar, Bali, Selasa (19/11/2019).

Kasus itu terungkap pada Sabtu (27/7) sekitar pukul 17.00 Wita di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kala itu Cheng baru mendarat dari China dengan menumpang China Airlines C1 771 rute Taipei-Denpasar dicurigai petugas bea cukai membawa barang terlarang.


"Selanjutnya petugas melakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap terdakwa Lian Hao Cheng termasuk barang-barang yang dibawanya di ruang pemeriksaan Bea dan Cukai Bandara I Gusti Ngurah Rai, dan ketika ditanyakan kepada terdakwa Lian Hao Cheng apakah ada barang psikotropika atau narkotika lainnya yang disimpan, terdakwa menjawab 'tidak ada'," beber jaksa.

Saat dilakukan pemeriksaan di dalam tas punggung terdakwa ditemukan 240 butir tablet bertuliskan Diazepam 5 mg, 1 tas jinjing warna abu-abu dan hitam ditemukan 110 butir tablet bertuliskan Clonopam 2 mg, dan 139 tablet warna ungu.

Selanjutnya
Halaman
1 2